Kompas TV nasional peristiwa

Kontras: Ada 7 Kejanggalan Kasus Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 20:45 WIB
kontras-ada-7-kejanggalan-kasus-baku-tembak-di-rumah-kadiv-propam-irjen-ferdy-sambo
Ilustrasi peluru penembakan. Kontras menyebut setidaknya tujuh kejanggalan yang terjadi dalam peristiwa baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. (Sumber: TribunJateng.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus baku tembak yang melibatkan dua anggota polisi yakni Brigadir J dan Bharada E terus menuai perdebatan.

Banyak pihak menilai ada kejanggalan dalam insiden baku tembak di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang berada di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, itu.

Baca Juga: Setelah Brigadir J Tewas Ditembak: Keluarga Syok, Kesehatan Ibunya Menurun dan Pamannya Meninggal

Tak terkecuali, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), yang menilai adanya kejanggalan dalam kasus tersebut.

Kontras menyebut ada tujuh kejanggalan terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dalam baku tembak yang terjadi pada Jumat (8/7/2022) itu.

"(Pertama) terdapat disparitas waktu yang cukup lama," kata Wakil Koordinator Kontras Rivanlee Anandar melalui keterangan tertulisnya pada Kamis (14/7/2022).

Ia menjelaskan hal itu berkaitan dengan pengungkapan peristiwa tersebut ke publik, di mana polisi baru menyampaikannya ke publik dua hari setelah kejadian.


Baca Juga: Profil Mayjen (Purn) Seno, Ketua RT yang Marah karena Polisi Tak Izin Olah TKP di Rumah Kadiv Propam

Kedua, lanjut Rivanlee, kronologi yang disampaikan oleh pihak kepolisian dinilai berubah-ubah.

Ketiga, ada luka sayatan yang ditemukan pada tubuh jenazah Brigadir J pada bagian wajah. Hal ini pun disampaikan oleh pihak keluarga korban.

Kejanggalan berikutnya atau keempat, pihak keluarga sempat dilarang membuka peti jenazah untuk melihat kondisi Brigadir J.

Kejanggalan kelima, lanjut Rivanlee, CCTV yang berada di sekitar lokasi kejadian diketahui dalam kondisi mati saat peristiwa itu terjadi.

Baca Juga: Sosok Kadiv Propam Ferdy Sambo di Mata Ketua RT dan Sekuriti: Sering Nongkrong Sebelum Jadi Jenderal

Kejanggalan selanjutnya, Ketua RT di lokasi kejadian tidak diberitahu dan tidak mengetahui peristiwa dan proses olah tempat kejadian perkara (TKP).



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x