Kompas TV olahraga kompas sport

Pelatih Laos U19 Kritik Absennya Suporter Indonesia di Stadion, Disebut Tuan Rumah Memalukan

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 17:34 WIB
pelatih-laos-u19-kritik-absennya-suporter-indonesia-di-stadion-disebut-tuan-rumah-memalukan
Pelatih Timnas Laos, Hans Michael Weiss. Sang juru taktik meminta kepada suporter Indonesia untuk tetap datang ke stadion. (Sumber: instagram.com/lff_official)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U19 Laos Hans Michael Weiss mengkritik absennya suporter Indonesia di stadion dalam babak semifinal Piala AFF U19 2022. 

Laos secara luar biasa berhasil lolos ke babak final Piala AFF U19 2022 dengan mengalahkan Thailand U19 di babak semifinal. 

Anak asuh Hans Weiss mampu mengalahkan Gajah Perang dengan skor meyakinkan, 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/7/2022) malam WIB. 

Dua gol kemenangan Laos U19 dicetak oleh Peeter Phanthavong (8') serta sontekan mendatar Damoth THongkhamsavath menit ke-85. 

Baca Juga: Jadwal Final Piala AFF U-19 2022: Laos vs Malaysia, Timnas Thailand - Vietnam Tersingkir

Hans Weiss mengaku sangat mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Tetapi, di sisi lain, dirinya menyayangkan absennya para suporter Indonesia di dalam stadion. 

Bahkan, juru taktik asal Jerman itu menyebut Indonesia tuan rumah yang memalukan. 

"Datanglah ke stadion jangan hanya mendukung di sosial media," kata Michael Weiss, dikutip dari Bolasport. 

"Siapa yang di sini (sebagai tuan rumah), memalukan tak ada seorangpun yang menonton."

Pria berusia 57 tahun itu juga membandingkan antusias yang berbeda kala bermain di SEA Games Vietnam bulan Mei silam. Menurutnya, suporter Vietnam masih antusias dalam mendukung tim lain. 

Baca Juga: Malu Tak Terhindarkan saat Dikalahkan Timnas U19 Laos, Pelatih Thailand: Kami Semakin Terhukum

"Berkaca dari SEA Games Vietnam kemarin, lihatlah 30 ribu suporter Vietnam selalu memenuhi stadion, di sini tidak seperti itu. Padahal ini semifinal," sambung Hans Weiss. 

"Anda harus menunjukkan sesuatu, jangan hanya mendukung tim sendiri saja. Ada tim yang lolos ke semifinal dan final, bukan hanya tim-mu. Jadi jika memang benar mendukung silahkan datang ke stadion, kita sangat senang."

Singkatnya, Hans Weiss ingin suporter tuan rumah untuk menghormati tim peserta lainnya yang masih bertanding. 


"Saya ingin melihat apresiasi dari fans tuan rumah, yang tentu saja memberikan kesan yang berbeda," kata Weiss melanjutkan.

"Maksud saya adalah saya melihat juga atmosfer ketika Indonesia Vs Myanmar (atau lawan Filipina) dan itu sangat fantastis. Tetapi di dalam turnamen, kita harus menghormati tim lain walaupun (tim) Anda sudah tak lolos," tambahnya.

Baca Juga: Reaksi PSSI ke Timnas Vietnam dan Thailand yang Gagal Lolos Final Piala AFF U-19 2022

 



Sumber : bolasport.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.