Kompas TV regional peristiwa

Cegah Wabah PMK, Pelabuhan di Sumba Timur Dijaga Ketat untuk Tangkal Masuknya Hewan Ternak Dari Luar

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 16:09 WIB
cegah-wabah-pmk-pelabuhan-di-sumba-timur-dijaga-ketat-untuk-tangkal-masuknya-hewan-ternak-dari-luar
Vaksinasi sapi perah. Hawar penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) semakin meluas, nyaris 5 ribu ekor ternak terpapar. (Sumber: Kompas.com/Bagus Puji Panuntun)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya

KUPANG, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memperketat pengawasan pada pintu-pintu masuk setiap pelabuhan laut.

Hal ini untuk menangkal masuknya ternak luar daerah itu dengan tujuan mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sampai sekarang belum ditemukan adanya kasus PMK yang dialami ternak-ternak di Kabupaten Sumba Timur, kami masih terus melakukan pemantauan secara ketat di setiap desa," ucap Bupati Sumba Timur Kristofel Praing, Kamis (14/7/2022), dikutip dari Antara.

Diketahui, Kabupaten Sumba Timur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi NTT yang merupakan lumbung ternak setelah Kabupaten Kupang.

Kristofel menjelaskan, pemerintah Kabupaten Sumba Timur tidak ingin ada ternak dari luar daerah yang masuk ke daerah ini karena berpotensi menulari penyakit PMK.

Dengan demikian, semua pintu masuk di pelabuhan laut yang ada di wilayah Kabupaten Sumba Timur dijaga ketat pihak terkait dalam mendeteksi masuknya ternak-tenak dari luar luar seperti sapi maupun kerbau.

Baca Juga: Asap Cair Tempurung Kelapa dan Perasan Laos Sembuhkan Sapi PMK

"Pelabuhan laut di Sumba Timur yang sering menjadi tempat pengiriman ternak menuju wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah ditutup total untuk masuknya ternak luar. Ternak jenis apapun dilarang masuk ke Sumba Timur," terang Kristofel.

Adapun wilayah Kabupaten Sumba Timur hingga saat ini masih bebas dari kasus penularan PMK.

Karena semua pihak terkait telah berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan ternak-ternak secara serius dengan mencegah masuknya ternak dari luar daerah itu.


Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) melaporkan bahwa sebanyak 435.035 ekor sapi di Indonesia telah menjalani vaksinasi PMK hingga Rabu (13/7) pukul 12.00 WIB.

Data Satgas PMK pada Rabu (13/7) sore, memperlihatkan bahwa PMK telah menular di sebanyak 248 kabupaten/kota di 22 provinsi di Indonesia dengan mayoritas menyerang sapi.

Sejauh ini, 365.146 hewan ternak telah terjangkit penyakit itu dengan 122.106 ekor telah sembuh, 236.141 belum sembuh dan 2.174 ekor mati.

Rincian dari yang sakit adalah 353.371 sapi, 8.130 kerbau, 1.198 domba, 2.400 kambing, dan 47 babi.

Sementara hewan ternak yang telah dinyatakan sembuh adalah 116.744 sapi, 3.457 kerbau, 513 domba, 1.392 kambing.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x