Kompas TV internasional kompas dunia

Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Dapat 5 Liter Air Zamzam tanpa Harus Membawa Sendiri dari Saudi

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 15:48 WIB
jemaah-haji-indonesia-dipastikan-dapat-5-liter-air-zamzam-tanpa-harus-membawa-sendiri-dari-saudi
Jamaah meminum air zamzam di masjidil haram, Mekah. 8 juta liter Zamzam dan 1 juta porsi makanan berbuka puasa dibagikan kepada pengunjung Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadan (Sumber: Arab News)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV – Seluruh jemaah haji asal Indonesia akan mendapatkan lima liter air zamzam saat tiba di tanah air. Jemaah tidak perlu membawa sendiri dari Arab Saudi.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara Edayanti Dasril.

Mengutip keterangan tertulis Kemenag, Rabu (13/7/2022), Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) Jeddah membolehkan jemaah haji membawa lima liter air zamzam saat kembali ke negaranya.

Namun, air zamzam tersebut tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi tercatat.

Berkaitan hal itu, Edayanti Dasril memastikan jemaah haji Indonesia akan mendapat satu botol air Zamzam dengan kapasitas lima liter.

Namun, air tersebut tidak perlu dibawa langsung oleh jemaah. Sebab, lima liter Zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi.

Baca Juga: Jemaah Haji Diperbolehkan Membawa Bagasi Maksimal 32 Kg

"Jemaah haji Indonesia tidak perlu repot membeli air Zamzam. Semuanya akan dapat lima liter dan itu dibagikan di Tanah Air, tepatnya saat tiba di asrama haji debarkasi," terang Edayanti di Makkah, Selasa (12/7/2022).

"Mekanisme ini kita ambil untuk memudahkan jemaah haji Indonesia," sambungnya.

Ia menambahkan, penimbangan dan pemeriksaan bagasi jemaah dilakukan dua hari sebelum keberangkatan ke Bandara Jeddah.

Nantinya koper bagasi akan diperiksa untuk memastikan berat maksimal sesuai ketentuan, dan tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air Zamzam.

"Bersamaan itu dilakukan proses city check in. Koper bagasi jemaah akan sekalian dibawa. Dan, jemaah sudah mendapatkan boarding pas," jelasnya.

"Dengan sistem city check in, baik orang maupun barang, maka jemaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan check in di bandara. Mereka bisa langsung proses imigrasi dan menuju waiting room," sambungnya.

Baca Juga: 4.765 jemaah Haji Mulai Dipulangkan 15 Juli, Begini Prosedur Kesehatan yang Dilakukan Kemenkes

Menurutnya, cara ini dilakukan untuk memudahkan jemaah dalam proses kepulangan. City check in juga dapat mempercepat proses sehingga jemaah tidak kelelahan.

"Ujungnya sama. Setiap jemaah mendapat lima liter Zamzam dan itu dibagikan di Asrama Haji Embarkasi," tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.