Kompas TV regional berita daerah

Grebeg Besar di Keraton Surakarta, Ratusan Orang Berebutan Isi Gunungan

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:29 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Ratusan orang berebutan gunungan jaler yang ada di halaman Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. Mereka berebutan isi gunungan, hasil bumi yang sebelumnya sudah didoakan. Akibat pandemi Covid-19, kegiatan ini harus ditiadakan selama dua tahun, dan di tahun ini warga sangat antusias dalam Grebeg Besar.

Grebeg Besar biasa diadakan saat Idul Adha, dengan mengarak sepasang gunungan yang diberi nama jaler atau pria, dan wadon atau wanita. Kedua gunungan ini diarak dari keraton menuju ke Masjid Agung untuk didoakan. Ada makna yang terkandung dalam Grebeg Besar, yaitu bagaimana manusia menjadi manusia yang seutuhnya.

"Yang jelas, kaitannya dengan makna Idul Adha sendiri. Jadi, kita sebagai manusia tentunya di dalam idul kurban ini, juga harus ada pengorbanan jiwa kita," ujar Krat Muh. Mukhtarom Pujonagoro, Pengulu Tafsir Anom Keraton Kasunanan.

Sementara, warga yang berebutan gunungan meyakini adanya berkah dalam isi gunungan jaler. Mereka akan memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari di rumah.

"Ikut ngalap (memohon) berkah aja. Katanya orang dulu, kalau dapat seperti ini bisa berkah selama setahun," tutur Rina rahayu, warga Sukoharjo

Tradisi Grebeg Keraton setiap tahun ada tiga, yakni Grebeg Syawal saat Hari Raya Idul Fitri, Grebeg Besar saat Hari Raya Idul Adha dan Grebeg Maulud atau Sekaten saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

#grebegbesar #gunungan #keratonsurakarta


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x