Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Bahas Konflik Rusia-Ukraina, Fadli Zon Kunjungi Kiev

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 11:35 WIB
bahas-konflik-rusia-ukraina-fadli-zon-kunjungi-kiev
Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon, di Dmytrivka Village, Ukraina tempat pertempuran yang menyisakan banyak bangkai tank (Sumber:twitter fadli zon-)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI berkunjung ke Kiev, Ukraina pada Senin (11/7/2022). Dia pergi bersama anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina. 

Fadli Zon mengatakan, kunjungannya kali ini akan menggelar dialog dengan Ketua Parlemen Ukraina Verkhovna Rada, Ruslan Stefanchuk di Conference Hall, Gedung Parlemen Ukraina.

Baca Juga: Jokowi Bahas Perang Rusia-Ukraina dengan Presiden UEA: Semangat Perdamaian Tak Boleh Luntur

"IPU Task Force membawa misi untuk membuka kran dialog demi mengakhiri konflik. IPU Task Force juga menyampaikan komitmen untuk menjadi jembatan dialog antara Rusia dan Ukraina dalam mencari solusi damai melalui diplomasi parlemen," kata Fadli dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022). 

Selain itu, secara konkret IPU Task Force juga meminta parlemen Ukraina bersedia membuka dialog dengan pihak parlemen Rusia. Meskipun tak mudah, jalan dialog dan diplomasi harus tetap terbuka sebagai pintu jalan keluar.

"Sebagai anggota IPU Task Force mewakili kawasan Asia Pasifik, Fadli Zon juga menyampaikan keprihatinan atas dampak perang yang terjadi di Ukraina terutama di wilayah Ukraina Timur," katanya. 

Politikus Partai Gerindra itu  juga mengundang Ketua Parlemen Ukraina Verkhovna Rada, untuk hadir di forum the 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit yang akan diadakan pada 6-7 Oktober 2022 di Jakarta. 

"Forum ini merupakan platfom yang baik untuk memperkuat kontribusi konkret parlemen dalam mengakhiri konflik Rusia-Ukraina," ujarnya. 

Setelah kunjungan ke Kiev, Fadli mengaku bersama Anggota IPU Task Force akan melakukan kunjungan ke Moscow, Rusia untuk bertemu dengan Ketua Parlemen Rusia dan beberapa pihak terkait dengan misi serupa.

"Dalam jangka pendek, IPU Task Force bertujuan untuk menghentikan peperangan demi menghindari jatuhnya lebih banyak korban jiwa serta berbagai kerusakan fisik."

"Dalam jangka menengah, IPU Task Force juga mengemban misi untuk membuka akses koridor kemanusiaan. Dan dalam jangka panjang, IPU Task Force mempunyai mandat untuk menciptakan perdamaian yang berkelanjutan dan memperkuat hubungan Rusia-Ukraina melalui dialog antar parlemen," ujarnya. 

Sebagai informasi, delegasi IPU Task Force juga mengunjungi Dmytrivka Village, lokasi banyak tank yang ditinggal tentara Rusia. 

Delegasi juga melihat langsung wilayah Bucha dan Irpin, kota kecil di utara Kiev yang terdampak perang cukup parah berupa kerusakan bangunan tempat tinggal, pusat bisnis, dan sejumlah fasilitas publik.

Kedatangan delegasi IPU Task Force disambut langsung oleh Walikota Bucha dan Walikota Irpin. 

Kunjungan ke Kiev dilakukan melalui jalur darat dari Polandia yaitu dengan kendaraan roda empat dari Warsawa ke Stasiun Chelm, kota kecil di tenggara Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina. 

Baca Juga: Moeldoko: Indonesia Aktif Upayakan Rusia-Ukraina Damai Saat yang Lain Diam dan Memihak

Dari Chlem perjalanan dilanjutkan menggunakan kereta api selama 15 jam menuju Kiev



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.