Kompas TV regional berita daerah

Asap Cair Tempurung Kelapa dan Perasan Laos Sembuhkan Sapi PMK

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bagi peternak yang sapinya tertular penyakit mulut dan kuku bisa mencoba asap cair tempurung kelapa dengan campuran perasan laos. Obat itu dipercaya dapat menyembuhkan luka di mulut dan mengembalikan nafsu makan sapi.

Asap cair tempurung kelapa dan perasan laos diolah oleh sekelompok pemuda Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember Jawa Timur.

Baca Juga: Cegah PMK, Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban Secara Acak

Tempurung kelapa diolah dengan sistem pembakaran khusus hingga menghasilkan asap cair. Cairan itu kemudian disaring dan dicampur dengan perasan rempah buah laos. Lalu dinginkan dan saring dalam wadah khusus agar dapat disemprotkan pada luka di mulut sapi.

Menurut pembuatnya, Andriyono, asap cair tempurung kelapa mengandung antiseptik yang dapat menyembuhkan luka sariawan dan anti jamur pada hewan ternak. Sedangkan campuran perasan rempah laos dapat membunuh kuman dan meredakan rasa sakit dan nyeri pada luka.

Sejumlah peternak mengaku sapinya sembuh dari PMK setelah diberi obat-asap cair tempurung kelapa dan perasan buah laos. Nafsu makan sapi meningkat dan kondisi tubuhnya kembali bugar.

Baca Juga: Tak Terpengaruh PMK, Penjualan Kambing dan Domba Meningkat

Obat itu diberi nama Biodin dan telah dibagikan ke sejumlah peternak sapi di Kabupaten Jember dan luar kota dengan mengganti biaya produksi.

#AsapCair #TempurungKelapa #PerasanLaos #Sapi #PMK #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x