Kompas TV olahraga kompas sport

PT LIB: Liga 2 Bergulir Agustus atau September 2022

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 23:56 WIB
pt-lib-liga-2-bergulir-agustus-atau-september-2022
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita. (Sumber: liga-indonesia.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan bahwa kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 akan bergulir pada Agustus atau September 2022.

Menurut Akhmad Hadian, jadwal kompetisi Liga 2 yang telah disiapkan LIB akan disesuaikan dengan kompetisi lain seperti Liga 1 dan Piala Indonesia yang kembali bergulir musim depan. 

"Jadwal yang kami susun, 'kick off' Liga 2 dilakukan pada akhir Agustus atau awal September 2022," kata Akhmad Hadian dikutip dari Antara, Selasa (12/7/2022).

"Kami menyesuaikan jadwalnya dengan agenda lain seperti Piala Indonesia. Jadwal Liga 1 dan Liga 2 juga harus sinkron," imbuhnya. 

Meski sudah merencanakan kapan bergulirnya Liga 2, namun Akhmad Hadian menegaskan bahwa jadwal yang ada saat ini belum resmi. 

Nantinya, lanjut Akhmad Hadian, PT LIB akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Exco PSSI terkait pelaksanaan Liga 2.

Baca Juga: Jelang Liga 2 Indonesia, Manajemen Sriwijaya FC Bantah Tidak Mempersiapkan Tim dengan Matang

Juga akan dibahas mengenai format Liga 2, apakah kembali ke format wilayah seperti sebelum pandemi Covid-19 atau tetap dengan sistem turnamen kandang (home tournament), di mana peserta dibagi ke dalam empat grup.

"Nanti akan dirapatkan dan diputuskan dalam rapat Exco PSSI. Namun, pembahasan akan dilakukan bersama LIB," lanjutnya. 

"Soal format, LIB mengusulkan beberapa pilihan seperti apakah dua wilayah, tiga wilayah atau dengan empat grup beserta plus-minusnya. Sekali lagi, keputusan ada di Exco PSSI," ujar pria asal Jawa Barat itu. 

Kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 musim 2022-2023 akan diikuti oleh 28 tim, di mana tiga di antaranya dari tim degradasi Liga 1 musim lalu serta delapan tim promosi Liga 3.

Ketiga tim yang terdegradasi dari Liga 1 musim lalu adalah Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh.


Sementara tim promosi dari Liga 3 yakni Persikab, Deltras Sidoarjo, PSDS, Putra Delta Sidoarjo, Persipa Pati, Nusantara United FC (sebelumnya Mataram Utama), Gresik United serta juara Liga 3 2021/2022 Karo United.

Baca Juga: Tunda Persiapan Liga 2, Persipura Masih Tunggu Jawaban PT Freeport & Bank Papua Terkait Sponsor!



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x