Kompas TV internasional kompas dunia

Menteri Pertanian Australia akan Kunjungi Jakarta, Bantu Indonesia Tangani PMK

Selasa, 12 Juli 2022 | 23:14 WIB
menteri-pertanian-australia-akan-kunjungi-jakarta-bantu-indonesia-tangani-pmk
Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 20 Juni 2022. Pada Selasa (12/7/2022), diberitakan bahwa Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt dilaporkan akan mengunjungi Indonesia pada pekan ini untuk membantu penanganan wabah PMK. (Sumber: Raisan Al Farisi/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia, Murray Watt dilaporkan akan mengunjungi Indonesia pada pekan ini.

Watt disebut akan menggelar pertemuan tatap muka untuk membantu Indonesia menghentikan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Indonesia diterjang wabah PMK yang menyebar ke belasan provinsi dan menyerang ratusan ribu ternak sejak Mei lalu.

"Pemerintahan (PM Australia) Albanese mengambil tindakan tegas terhadap PMK, baik di dalam maupun luar negeri. Pendekatan dua arah ini merupakan langkah untuk memperkuat pertahanan biosekuritas di dalam negeri, serta mendukung Indonesia dalam menangani dan menghentikan wabah yang terjadi," kata Watt dalam siaran pers yang diterima Antara, Selasa (12/7/2022).

Menurut Watt, kunjungan dua hari ke Indonesia adalah tindak lanjut dari upaya pemerintahan Albenese untuk memerangi PMK.

Kunjungannya ke Jakarta juga disebut sebagai tindakan mewujudkan upaya-upaya biosekuritas baru.

Baca Juga: Viral Pesan Berantai Larangan ‘Nyate’ karena Wabah PMK, Kemenkes dan IDI Beri Penjelasan

Kebijakan yang direncanakan Albanese antara lain adalah pemindaian ekstra terhadap pelancong serta barang bawaannya, penggunaan anjing pendeteksi ancaman biosekuritas, serta diseminasi informasi terkait PMK bagi pelancong di bandara.

Kunjungan Watt diniatkan untuk memperkuat upaya Indonesia-Australia mencegah penyebarn PMK.

Pihak Australia berkepentingan untuk menghentikan penyebaran PMK di Indonesia.

Sedangkan pihak Canberra ingin melindungi sektor pertaniannya dari transmisi PMK di perbatasan.


Kunjungan Watt akan dilakukan kurang-lebih sebulan usai kunjungan PM Albanese ke Jakarta.

Waktu itu, Albanese menawarkan vaksin dan keahlian teknis ke Indonesia untuk menangani PMK.

"PMK akan memiliki dampak yang signifikan terhadap sektor pertanian Australia jika mencapai wilayah kami, dan kami mengambil langkah-langkah praktis untuk mencegahnya," kata Watt.

Watt akan didampingi oleh pejabat-pejabat senior dari Departemen Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia. 

Termasuk Kepala Dokter Hewan Australia dr. Mark Schipp, bersama dengan Presiden Federasi Petani Nasional Australia Fiona Simson.

Selama kunjungan ke Indonesia, Menteri Watt antara lain akan bertemu dengan menteri pertanian, menteri perikanan, serta perwakilan agribisnis terkemuka Indonesia.

Baca Juga: Bertemu PM Anthony Albanese, Jokowi Sampaikan 5 poin Kerjasama Indonesia-Australia


Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Kompak, 6 Terdakwa OOJ Sebut Ditipu Ferdy Sambo

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:55 WIB
Close Ads x