Kompas TV regional agama

Pawai Obor Meriahkan Malam Idul Adha

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 18:35 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Malam takbiran Hari Raya Idul Kurban 1443 Hijriyah dirayakan warga Kampung Saditan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan pawai obor berkeliling jalanan kampung. Lima ratusan warga dari komplek Masjid Darussalam, dan Santri Tanwirul Qulub, Saditan, Brebes, mulai anak anak hingga dewasa berbaur turun ke jalanan. 

 

Lantunan takbir bergema mengiringi peserta pawai yang berjalan kaki dengan jarak sekitar tiga kilometer. Ragam kesenian seperti burok dan barongsai ikut memeriahkan jalannya pawai ini. Kemeriahan semakin terasa, adanya atraksi semburan api oleh beberapa peserta. 

 

Ketua panitia, Aji Syahbana mengatakan pawai ini merupakan kegiatan rutin tahunan, namun akibat pandemi sempat terhenti selama dua tahun terakhir. Menurut rencana kedepan akan dilaksanakan kegiatan serupa yang lebih meriah lagi. 

 

Selain untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, pawai ini juga bertujuan untuk menjaga tradisi turun temurun, agar tidak punah dimakan zaman. Pawai berjalan aman dan kondusif, meski tanpa pengamanan khusus dari Kepolisian dan petugas keamanan lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.