Kompas TV nasional politik

Puan Minta Mendag Zulhas Intervensi Harga Pangan

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 16:53 WIB
puan-minta-mendag-zulhas-intervensi-harga-pangan
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengecek harga bahan pangan ke salah satu pasar tradisional. (Sumber: Dok. DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas untuk mengintervensi kenaikan harga pangan yang terjadi di sejumlah daerah. 

Ia menyebut, harga komoditas pangan yang belum stabil cukup memberatkan masyarakat.

Baca Juga: Mendag Zulhas Klaim Harga Pangan Mulai Stabil Terjangkau Masyarakat

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) terbaru, harga cabai rawit merah di pasar tradisional di Indonesia mencapai Rp102 ribu/kg. Bahkan di Jakarta, harga cabai rawit merah hari ini menembus Rp160 ribu/kg. 

Harga bawang merah juga masih mengalami kenaikan menjadi Rp80 ribu/kg dari sebelumnya Rp40 ribu/kg dan harga daging ayam ras terus meningkat mencapai Rp39.350/kg atau lebih dari Rp50 ribu per ekornya.

“Kami mendorong Pemerintah untuk segera menstabilkan harga kebutuhan pokok. Tata kelola komoditas pangan harus diperbaiki untuk mengatasi harga-harga yang terus meroket, khususnya harga cabai dan bawang merah,” kata Puan dalam keterangan pers tertulis, Selasa (12/7/2022).

Politikus PDIP itu mengatakan harus ada upaya konkrit dari pemerintah menjaga stabilitas harga pangan usai Iduladha.

“Harga cabai, bawang merah, daging ayam sudah sebulan lebih naik terus. Dalam beberapa kesempatan ketika saya mengunjungi pasar-pasar tradisional di sejumlah daerah, pedagang dan pembeli mengeluhkan harga-harga yang masih tinggi,” ujarnya. 

Mantan Menko PMK itu mendesak pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memaksimalkan sistem pasokan dan permintaan bahan pangan pokok. 

“Dalam mengatasi persoalan ini, dibutuhkan juga koordinasi yang lebih intensif antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan terkait sistem logistik bahan pangan,” ujar Puan.

Ia menilai operasi pasar perlu digalakkan mencegah adanya praktik-praktik nakal yang memanfaatkan keadaan. 

Puan menilai, tingginya berbagai komoditas pangan dapat menyebabkan inflasi yang akan berdampak terhadap perekonomian nasional. 

“Pemerintah selama ini hanya berfokus pada minyak goreng, namun komoditas pangan lainnya tidak mendapat perhatian. Padahal, kenaikan cabai dan bawang sudah cukup lama,” kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Desak Zulhas segera Stabilkan Harga Pangan Jelang Iduladha

Ia menyatakan, DPR RI akan terus melakukan pengawasan melalui Komisi IV DPR terhadap kenaikan harga komoditas pangan. Di masa reses ini pun, anggota DPR diimbau turun ke pasar-pasar tradisional di dapilnya masing-masing. 

“Anggota dewan juga harus mengecek di tingkat petani untuk mengetahui permasalahan yang ada dan membantu mencarikan solusi. Termasuk mematau rantai distribusi dari petani sampai ke konsumen,” ujar Puan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x