Kompas TV olahraga kompas sport

Soal PSSI Surati AFF, Paguyuban Suporter Timnas: Nggak Perlu, Jangan Jadi Kambing Hitam

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 15:50 WIB
soal-pssi-surati-aff-paguyuban-suporter-timnas-nggak-perlu-jangan-jadi-kambing-hitam
Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro menilai PSSI tidak perlu kirim surat kepada AFF usai Timnas U19 gagal melaju ke semifinal. Justru, kata dia, PSSI harus melakukan pembinaan pemain usia muda. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro menilai, harusnya PSSI fokus pada pengembangan pemain usia muda dibandingkan kirim surat kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) usai Timnas U19 gagal ke semifinal Piala AFF U19 2022. 

Apalagi, kata Indro, surat itu dikirim terkait dugaan adanya 'main mata' dalam laga Vietnam vs Thailand yang berakhir 1-1 hingga membuat Garuda Muda gagal lolos ke semifinal meski menjadi tim terbaik di klasemen grup.

Menurut dia, dibandingkan mengirim surat kepada AFF, lebih baik PSSI mengurus pengembangan pemain usia muda yang dianggapnya masih kurang. 

“Iya nggak perlu sih. Harusnya PSSI fokus aja pengembangan usia muda. Saya juga nggak yakin AFF akan investigasi,” ujar Indro kepada KOMPAS.TV, Selasa (12/7/2022).


Baca Juga: Akhirnya PSSI Mengirimkan Protes ke AFF Terkait Masalah Thailand vs Vietnam

Soal sistem kompetisi AFF U19, menurut Indro, harusnya PSSI yang harus menjelaskan ke publik. 

Apalagi, lanjutnya, sistem ini sudah disepakati sejak awal dan justru baru protes ketika tidak lolos. 

“Sistem head to head memang merugikan kita, tapi jangan jadi kambing hitam. Karena kita harusya bisa mengalahkan Thailand atau Vietnam,” ujarnya.

“Seharusnya karena aturan head to head sudah disepakati dari awal, yang harus kita pikirkan adalah bagaimana ke depannya kita bisa mengalahkan Vietnam dan juga Thailand," tambah Indro. 

Ia pun menjelaskan, harusnya PSSI justru memberi edukasi kepada publik. 

“Publik atau suporter yang harusnya dikasih tahu, diberi edukasi," paparnya. 

Lagipula, kata dia, kejuaraan ini levelnya junior. Harusnya, lanjut Indro, PSSI melakukan evaluasi pada kejuaraan tingkat umur. Menurutnya, hal itu lebih berguna karena acuan prestasi sepak bola sebuah negara terletak pada Timnas senior.

Baca Juga: Iwan Bule: Jika Menurut AFF Vietnam vs Thailand Main Fair Play, Kami Juga Bisa Seperti Itu Nantinya

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam usai Timnas U19 gagal lolos fase grup Piala AFF U19 2022. 

Setelah berdiskusi dengan beberapa pihak, lanjut Iwan Bule, sapaan Mochammad Iriawan, PSSI akhirnya mengirimkan protes kepada AFF.

Isinya agar laga Thailand kontra Vietnam untuk ditinjau kembali.

"Dari hasil rapat kami siang ini, saya dan PSSI sepakat untuk bertindak tegas dan melayangkan surat protes ke AFF terkait hasil pertandingan tadi malam," katanya.

"Sekiranya AFF dapat meninjau kembali apa yang menjadi keresahan kami," tulis Iwan Bule dilansir dari BolaSport, Senin (11/7/2022).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x