Kompas TV regional peristiwa

BMKG Catat 171 Gempa Susulan Terjadi di Jawa Timur: Jika Terus Terjadi Bisa Disebut Tectonic Swarm

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 15:13 WIB
bmkg-catat-171-gempa-susulan-terjadi-di-jawa-timur-jika-terus-terjadi-bisa-disebut-tectonic-swarm
Titik pusat gempa kekuatan 5,3 magnitudo pada 167 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terjadi pukul 09.53 WIB, Sabtu (9/7/2022). (Sumber: Kompas TV/BMKG)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

MALANG, KOMPAS.TV - Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan telah terjadi sebanyak 171 gempa susulan sejak Sabtu (9/7/2022) hingga pagi ini, Selasa (12/7/2022) di selatan Jawa Timur.

Rentetan gempa tersebut masih termasuk gempa susulan dari gempa utama di kabupaten Lumajang pada Sabtu dini hari pukul 03.27 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2. 

"Jika terus terjadi maka fenomena gempa beberapa hari terakhir masuk kriteria gempa tectonic swarm," tulisnya melalui akun media sosial @DaryonoBMKG, Selasa (12/7/2022) pagi.

BMKG menjelaskan, gempa swarm adalah serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat sering dan relatif lama di suatu kawasan. Gempa swarm banyak terjadi karena proses-proses kegunungapian.


 

Selain berkaitan dengan kawasan gunung api, beberapa laporan menunjukkan bahwa aktivitas swarm juga dapat terjadi di kawasan non-vulkanik (aktivitas tektonik murni), meskipun kejadiannya masih sangat jarang. Swarm juga dapat terjadi di zona sesar aktif atau kawasan dengan karakteristik batuan yang rapuh sehingga mudah terjadi retakan.

"Tentu patut diwaspadai karena swarm zone subduksi dikenal sebagai tanda zona slow slip events (SSE)," kata Daryono.

"Tsunami selatan Jatim 1994 dan Pangandaran 2006 adalah contoh slow slip event," ujarnya.

Baca Juga: Selatan Jawa Timur Diguncang 146 Gempa Susulan, Ini Bedanya dengan Gempa Swarm

Melansir dari Kompas.com, Daryono menerangkan, BMKG mencatat 171 gempa susulan di selatan Jawa Timur sejak Sabtu pagi hingga Selasa pukul 06.00 WIB.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x