Kompas TV regional berita daerah

Idul Adha, Berkah Bagi Bengkel Kepala dan Kaki Hewan Kurban

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setiap tiba Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, selalu menjadi berkah bagi warga Kampung Bustaman, Kota Semarang. Sebab, pada itu warga Kampung Bustaman kebanjiran order untuk menguliti serta membersihkan kepala dan kaki hewan kurban, baik kambing maupun sapi.

Warga biasanya akan berkelompok untuk mengerjakannya. Dari proses merebus kepala sebelum dibersihkan bulunya, hingga memotong tulang kepala untuk memilih daging yang ada dibagian kepala. Para pengguna jasa mempercayakan kepada warga Bustaman, karena mereka dirasa terampil dan prosesnya juga lebih cepat.

"Kalau saya disini istilahnya membengkelkan kepala kambing dan kaki, soalnya saya kan tidak bisa, rumit dan butuh ahlinya," kata Sugeng Widodo, pengguna jasa.

Menurut Ninik, salah satu warga Kampung Bustaman, jasa menguliti dan membersihkan kepala serta kaki hewan kurban yang dilakukan setiap satu tahun sekali ini merupakan kegiatan turun-temurun. Biaya jasa untuk menguliti satu kepala sapi dengan empat kakinya dipatok Rp 350.000, sedangkan untuk kepala kambing dengan empat kakinya, dipatok Rp 75.000. Ninik mengaku, pasca pandemi Covid-19 orderannya juga mengalami peningkatan.

Meski hanya setahun sekali melakukan jasa menguliti dan membersihkan kepala hewan kurban, warga Bustaman sangat bersyukur, karena tahun ini orderan mengalami peningkatan, dibanding tahun kemarin.

#iduladha #hewankurban #kampungbustaman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x