Kompas TV olahraga kompas sport

Iwan Bule: Jika Menurut AFF Vietnam vs Thailand Main Fair Play, Kami Juga Bisa Seperti Itu Nantinya

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 19:34 WIB
iwan-bule-jika-menurut-aff-vietnam-vs-thailand-main-fair-play-kami-juga-bisa-seperti-itu-nantinya
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menganggap laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U19 2022 telah mengabaikan asas fair play.. (Sumber: Tangkapan layar Youtube.com/Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan atau yang kerap disapa Iwan Bule menyebut ada indikasi hilangnya asas fair play dalam laga matchday terakhir Grup A Piala AFF U19 2022 antara Vietnam vs Thailand. 

Seperti diketahui, duel Vietnam vs Thailand yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/7/2022) berakhir dengan skor 1-1. 

Hasil tersebut cukup untuk membuat kedua tim lolos ke babak semifinal Piala AFF U19 2022. 

Pada hari yang sama, Timnas U19 berhasil meraih kemenangan telak 5-1 atas Myanmar. Tetapi, hasil tersebut belum bisa membuat Indonesia lolos ke babak semifinal. 

Baik Indonesia, Vietnam, dan Thailand sebenarnya sama-sama memiliki koleksi 11 poin dari 5 laga. Bahkan, Indonesia memiliki selisih gol paling baik dibandingkan Vietnam dan Thailand. 

Namun, regulasi AFF menyebutkan bahwa jika ada tiga tim dalam satu grup, memiliki koleksi poin yang sama, maka hal pertama yang digunakan adalah head to head. 

Baca Juga: Akhirnya PSSI Mengirimkan Protes ke AFF Terkait Masalah Thailand vs Vietnam

Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1, sementara Indonesia mendapatkan hasil 0-0 melawan Vietnam maupun Thailand. 

Sebenarnya, jika Vietnam dan Thailand bermain imbang 0-0 atau salah satu dari keduanya berhasil meraih kemenangan, Indonesia akan lolos ke semifinal. 

Hasil Vietnam vs Thailand ini memang dianggap sejumlah pihak sebagai aksi main mata kedua tim. Tak terkecuali oleh PSSI. 

PSSI resmi mengajukan surat protes kepada AFF soal cara main Vietnam dan Thailand yang dianggap tidak serius. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x