Kompas TV regional berita daerah

Hewan Kurban Dipantau Ketat Sebelum Disembelih

Senin, 11 Juli 2022 | 19:14 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemeriksaan hewan seperti ini rutin dilakukan menyeluruh di tujuh belas kecamatan di Kabupaten Brebes. Selain melakukan pemeriksaan di tiap tiap kandang milik peternak, petugas DPKH juga memperketat pemantauan lalu lintas hewan ternak menjelang Idul Adha.

 

DPKH Brebes telah menerjunkan dua puluh lima petugas di masing masing kecamatan untuk memastikan hewan kurban yang dijual terbebas dari PMK. Pengetatan dan pemantauan hewan ternak kurban akan terus dilakukan hingga tiba hari h pemotongan. Meskipun tiap kandang ternak didatangi petugas, para peternak tidak merasa terganggu.

 

Salah satu pemilik ternak sapi Muhammad Ibnu mengatakan, di kandang miliknya menyediakan 35 ekor sapi. Saat ini semuanya telah laku dipesan konsumen untuk kurban.

 

Baca Juga: Di Hari Raya Idul Adha, Gatot Kaca Beraksi Antarkan Hewan Kurban dan Mendongeng di Panti Asuhan!

 

Setelah diperiksa petugas dan hasilnya tidak ditemukan tanda-tanda terserang PMK, petugas memberikan surat rekomendasi bahwa hewan ternaknya bisa dijual. Selain untuk memudahkan penjualan, penerbitan surat rekomendasi ini memastikan hewan ternak aman untuk kurban dan dikonsumsi.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


VOD

Harga BBM Subsidi Naik, Warga Semakin Berhemat

Minggu, 25 September 2022 | 00:40 WIB
Close Ads x