Kompas TV regional peristiwa

Tak Bisa Ditaklukkan Warga, Penembak Jitu Perbakin Headshot Kerbau Kurban yang Mengamuk di Aceh

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 01:05 WIB
tak-bisa-ditaklukkan-warga-penembak-jitu-perbakin-headshot-kerbau-kurban-yang-mengamuk-di-aceh
Proses evakuasi seekor kerbau kurban yang dilumpuhkan penembak jitu dari Perbakin dengan tembakan senapan angin setelah mengamuk saat ingin disembelih di Desa Gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (10/7/2022). (Sumber: Dok Perbakin Aceh Selatan/Serambinews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

ACEH SELATAN, KOMPAS.TV - Seekor kerbau di Desa Gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan yang ingin dikurbankan terpaksa ditembak oleh seorang penembak jitu dari Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Aceh Selatan,

Penembakan kerbau kurban Iduladha 1443 H ini dilakukan setelah upaya warga dan panitia kurban selama 4 jam tidak berhasil. Bahkan hewan tersebut sempat mengamuk sehingga membuat cemas warga.

Awalnya ketika hendak disembelih kerbau kurban tersebut lepas dan mengamuk di kawasan pemukiman penduduk.

Baca Juga: Serba-serbi Perayaan Idul Adha, Hewan Kurban Lepas Hingga Kecebur ke Kali

Warga dan panitia kurban kemudian melakukan pencarian dari pukul 08.00 WIB dan pada pukul 12.00 WIB kerbau ditemukan. 

Khawatir akan membahayakan warganya, akhirnya kepala desa Gampong Kuta Blang mendatangi Markas Perbakin Aceh Selatan untuk minta tolong melumpuhkan kerbau kurban yang lepas dan mengamuk tersebut.

Ketua Perbakin Aceh Selatan Teuku Muhassibi menjelaskan sebelum kepala desa Gampong Kuta Blang meminta bantuan. Warga telah berupaya menangkap kerbau tersebut, namun tidak membuahkan hasil. 


 

Kerbau kurban tersebut sudah lari sampai ke desa tetangga, Gampong Sialang Hilir di Kecamatan Samadua.

Baca Juga: Lepas dari Kandang, Kerbau Mengamuk dan Masuk Warung Bakso

"Setalah pemburuan panjang dari pukul 08.00 WIB pagi, akhirnya baru pukul 12 .00 WIB kerbau tersebut ditemukan dan kita lumpuhkan," ujar Teuku, Minggu (10/7/2022). Dikutip dari Serambinews.com.

Teuku menambahkan kerbau tersebut ditembak menggunakan senapan angin. Kepala Desa Gampong Kuta Blang juga telah berkoordinasi dengan Kapolsek Samadua untuk melumpuhkan seekor kerbau menggunakan senapan angin.

Kerbau kurban tersebut berhasil dilumpuhkan dengan tembakan headshot atau tembakan tepat di bagian kepala. Setelah itu kerbau bisa disembelih.

Baca Juga: Petugas DKPP Bantul Temukan Ratusan Hewan Kurban Terinfeksi Cacing Hati, Apakah Bisa Dikonsumsi?

"Alhamdulillah setelah kerbau tersebut terduduk, akibat tembakan di kepala, baru akhirnya warga dapat menyembelih hewan kurban tersebut dengan sempurna," ujar Teuku.

 



Sumber : Serambinews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x