Kompas TV olahraga kompas sport

Fakta-fakta Dibalik Kemenangan Chico Aura Dwi Wardoyo

Minggu, 10 Juli 2022 | 19:54 WIB
fakta-fakta-dibalik-kemenangan-chico-aura-dwi-wardoyo
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, menjadi juara Malaysia Masters 2022 usai mengalahkan Angus Ng Ka Long dari Hong Kong di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (10/7/2022). (Sumber: AP Photo/Kien Huo)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, menjuarai Malaysia Masters 2022 usai mengalahkan tunggal putra unggulan ke-8 asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus, pada laga final Ahad (10/7/2022) siang WIB.

Tanding di Lapangan 1 Axiata Arena, Kuala Lumpur, Chico menaklukkan Ng Ka Long Angus dua gim langsung dengan skor 22-20 dan 21-15.

Keberhasilan Chico menjuarai Malaysia Masters 2022 membuat pebulu tangkis kelahiran Jayapura itu mengukir catatan bersejarah.

Baca Juga: Hasil Final Malaysia Masters 2022: Chico Juara usai Tumbangkan Wakil Hong Kong

Berikut tiga fakta kemenangan Chico di Malaysia Masters 2022 dikutip dari berbagai sumber:

  • Pertama Kali Dapat Gelar Super 500 

Malaysia Masters 2022 menjadi gelar pertama Chico Aura Dwi Wardoyo di turnamen BWF World Tour.

Gelar juara Malaysia Masters 2022 adalah gelar perdananya di turnamen BWF World Tour sekaligus yang pertama di level Super 500.

  • Warga kelahiran Papua yang pertama menjuarai turnamen bulu tangkis internasional

Keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo mengukir catatan bersejarah, yaitu menjadi pebulu tangkis asal Papua yang pertama mampu menjuarai turnamen internasional.

Chico pun secara khusus mempersembahkan gelar juara Malaysia Masters 2022 untuk masyarakat Papua.

Baca Juga: Profil Chico Aura Dwi Wardoyo, Pebulutangkis Putra Kelahiran Papua Peraih Juara Malaysia Master 2022

"Gelar ini mau saya persembahkan untuk orang tua, mama, papa, kakak dan adik. Semua keluarga. PBSI juga pastinya. Terima kasih untuk coach Irwansyah, Koh Jonatan (Christie), Aa Ginting (Anthony Sinisuka), Mas Vito (Shesar Hiren Rhustavito), dan semua tim tunggal putra," kata Chico dikutip dari Kompas.com.

"Untuk masyarakat Indonesia, khususnya Papua, terima kasih doa dan dukungannya selama ini. Semoga apa yang saya raih, bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak di sana," tambah Chico.

  • Perjuangan Chico di Malaysia Masters 2022

Awalnya, Chico Aura Dwi Wardoyo harus melewati babak kualifikasi Malaysia Masters 2022 yang merupakan turnamen bulu tangkis kategori BWF World Tour Super 500.

Nasib baik, absenya beberapa pemain top seperti Viktor Axelsen (Denmark/1) dan Lee Zii Jia (Malaysia/5) membuat Chico langsung lolos ke babak utama.

Dalam perjalanan menuju final Malaysia Masters 2022, Chico mampu mengalahkan para pemain yang secara peringkat lebih unggul darinya, termasuk Anthony Sinisuka Ginting.

Baca Juga: Juarai Malaysia Masters 2022, Chico Mengaku Agak Tegang saat Masuk Lapangan


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x