Kompas TV regional update

Ada Wabah PMK, Ternak yang Masuk Jakarta Jelang Iduladha Tahun Ini Meningkat: Capai 58.010 Ekor

Minggu, 10 Juli 2022 | 13:33 WIB
ada-wabah-pmk-ternak-yang-masuk-jakarta-jelang-iduladha-tahun-ini-meningkat-capai-58-010-ekor
Foto ilustrasi. Jumlah hewan ternak yang memasuki Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjelang Iduladha tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jumlah hewan ternak yang memasuki Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjelang Iduladha tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati, tahun ini ada 58.010 ekor ternak yang masuk ke ibu kota.

Sedangkan, menjelang Hari Raya Iduladha tahun lalu, kata dia, jumlah hewan ternak yang masuk sebanyak 43 ribu ekor.

"Sekarang ini pemasukan ternak kurban di DKI lebih kurang 58.010 ekor, karena memang terjadi lonjakan, terutama untuk kebutuhan kambing dan domba," ujar Eli di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Jumlah Kebutuhan Hewan Ternak Kurban di Jakarta Capai 58 Ribu

Dari jumlah tersebut, sekitar 21.000 ekor di antaranya berupa hewan sapi, sedangkan sisanya kambing dan domba.

Ia menjelaskan, semua ternak yang masuk ke DKI Jakarta telah melalui proses pemeriksaan, termasuk penyakit mulut dan kuku (PMK).

Eli menambahkan, permintaan kambing dan domba pada tahun ini melonjak jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Perbandingannya memang seperti itu, permintaan kambing dan domba melonjak tinggi untuk tahun ini," kata Eli.

Sebelumnya seperti juga diberitakan KOMPAS.TV, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dengan berat 1,2 ton pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Penyerahan secara simbolis ini dilakukan usai shalat Iduladha di JIS, Minggu pagi.


"Hari ini kami menyerahkan hewan kurban, seekor sapi seberat 1,2 ton yang telah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dan dinyatakan sehat," ujar Anies kepada awak media.

"Kami serahkan hewan kurban kepada panitia untuk didistribusikan di Jakarta. Insya Allah, kurban ini diterima dan dilipatgandakan," tutur Anies.

Baca Juga: Wabah PMK Jangkiti Ternaknya, Peternak Sapi Beralih Ternak Kambing

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dengan berat 1,1 ton.

"Untuk dibagikan kepada yang berhak. Semoga kita senantiasa hidup untuk selalu berkorban untuk kepentingan masyarakat banyak, untuk masyarakat yang hidup susah, miskin, teraniaya, terzalimi, dan juga berkorban bagi kepentingan seluruh bangsa, negara, dan agama," ungkap Riza.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x