Kompas TV internasional kompas dunia

Kepemimpinan Indonesia di G20 Dipuji Menlu AS Antony Blinken, Disebut Berusaha Pastikan Hasil Nyata

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 11:44 WIB
kepemimpinan-indonesia-di-g20-dipuji-menlu-as-antony-blinken-disebut-berusaha-pastikan-hasil-nyata
Menlu AS, Anthony Blinken. Ia memuji kepemimpinan Indonesia di G20 saat pertemuan Menlu G20 di Bali, Sabtu (9/7/2022) (Sumber: Stefani Reynolds/Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

BALI, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken memuji kepemimpinan Indonesia pada forum G20.

Ia mengungkapkan, Indonesia selalu berusaha memastikan hasil nyata di setiap pertemuan, termasuk Pertemuan Menteri Luar Negeri G20, yang baru selesai di Bali.

Blinken mengungkapkan, Sabtu (9/7/2022), kepemimpinan Indonesia itu sejalan dengan dengan keinginannya, agar ada hasil nyata pada rangkaian jelang KTT pemimpin G20, November nanti.

“Selama kepemimpinan G20, Indonesia telah menempatkan isu-isu krusial dan mendesak untuk dibahas negara-negara berpengaruh dalam ekonomi global,” tutur Blinken dikutip dari Antara, Minggu (10/7).

Baca Juga: Menlu Retno Lakoni 5 Pertemuan Bilateral di Sela Pertemuan Menlu G20 Kemarin, Ini Yang Dibicarakan

“Kami melihat bersama ketika Menteri Luar Negeri (Retno M,arsudi) memimpin diskusi dan mencoba mendapatkan hasil yang konkrit,” tambahnya.

Menurutnya, upaya tersebut membuktikan bahwa Indonesia telah memainkan peran penting selama presidensi G20.

Blinken juga menegaskan, AS sangat menghargai upaya yang sudah dilakukan Indonesia, dan berterima kasih atas kepemimpinan Indonesia di G20.

Ia pun mengaku percaya pada rangkaian pertemuan G20, termasuk KTT G20, November nanti, akan ada hasil konkret yang bisa menjadi keuntungan untuk komunitas global.

Baca Juga: Bertemu Menlu China di G20 Bali, Blinken: Dukungan Beijing ke Rusia akan Sulitkan Hubungan dengan AS

Blinken juga menambahkan setiap negara G20 harus mengambil langkah untuk mendukung penyelesaian masalah global dan ekonomi.


Termasuk di antaranya krisis yang disebabkan invasi Rusia di Ukraina, krisis pangan, krisis iklim, dan meningkatnya harga pangan dan BBM.

Ia pun mengatakan bahwa masalah ini tak bisa diselesaikan sendiri-sendiri.

Blinken menegaskan pertemuan G20 menjadi sarana yang tepat untuk duduk bersama dan menemukan strategi yang baik untuk menyelesaikan masalah.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.