Kompas TV nasional agama

Di Masjid Istiqlal, Jokowi Kurban Seekor Simmental, Sapi Asal Bern Swiss yang Bobotnya Capai 1 Ton

Sabtu, 9 Juli 2022 | 19:44 WIB
di-masjid-istiqlal-jokowi-kurban-seekor-simmental-sapi-asal-bern-swiss-yang-bobotnya-capai-1-ton
Ilustrasi situasi salat tarawih di Masjid Istiqlal pada Ramadan 1443 H. Jokowi akan melakukan salat Iduladha di Masjid Istiqlal besok, Minggu (10/7/2022). (Sumber: Situs resmi Istiqlal)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi berjenis Simmental di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa bobot sapi Jokowi itu mencapai 1 ton.

Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia sebagai wujud bantuan sosial.

Baca Juga: Jokowi akan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal Minggu 10 Juli 2022, Eks Mendiknas Jadi Khatib

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Istiqlal, Bapak Presiden menyerahkan seekor sapi. Per provinsi satu (sapi), beratnya kurang lebih kita harapkan minimal 800 kilogram sampai 1 ton,” kata Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Sabtu (9/7/2022).

Lebih lanjut, Jokowi juga berencana melaksanakan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, besok Minggu (10/7).

Ibu Negara Iriana juga turut serta salat Iduladha di Masjid Istiqlal.

"Besok Bapak Presiden dan Ibu Iriana insyaallah akan melaksanakan salat Iduladha bersama masyarakat di Masjid Istiqlal," tutur Heru.

Baca Juga: Penjualan Kambing Kurban Menurun, Penjual Hanya Bisa Berharap Wabah PMK Berakhir

Mengenal Sapi Simmental

Melansir laman dinpertanpangan.demakkab.go.id, sapi Simmental merupakan sapi pedaging turunan Bos taurus -- sapi perah atau potong di Eropa -- yang berasal dan dikembangkan di Lembah Simme, Bernese Oberland, Kanton Bern, Swiss.

Sapi ini memiliki karakteristik yang khas, yakni warna tubuhnya cokelat kekuningan atau berwarna jerami, atau warna merah tua, memiliki tanda putih di kepala, sandung lamur, perut dan kaki, serta memiliki pigmentasi merah di sekitar mata.


Bercak putih pada sapi ini juga terletak pada bagian belakang bahu dan panggul. Selain itu, sapi Simmental memiliki bentuk badan yang panjang dan berotot.

Sapi Simmental ini memiliki berbagai keunggulan, termasuk penghasil daging karena tubuhnya yang besar. Penimbunan lemak di bawah kulit yang rendah, ideal untuk dijadikan komoditas penyediaan daging.

Baca Juga: Wabah PMK Jangkiti Ternaknya, Peternak Sapi Beralih Ternak Kambing

Sapi ini juga memiliki fertilitas yang tinggi, memiliki bobot lahir anak tinggi, dan pertambahan bobot badan harian tinggi, serta pertumbuhannya cepat.

Pertambahan bobot badannya berkisar antara 0,6 sampai 1,5 kg per hari. Bobot badan betina dari sapi Simmental bisa mencapai 1-1,5 ton.

Tak heran, sapi ini banyak diminati oleh peternak dan menjadi primadona sebagai hewan kurban pada Iduladha.

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x