Kompas TV olahraga kompas sport

Kiromal Katibin Kembali Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan Panjat Dinding IFSC

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 16:35 WIB
kiromal-katibin-kembali-pecahkan-rekor-dunia-di-kejuaraan-panjat-dinding-ifsc
Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin, memecahkan rekor dunia kategori speed pada ajang IFSC Climbing World Cup di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5/2022) sore WIB. (Sumber: IFSC/Dimitris Tosidis)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Atlet panjat tebing, Kiromal Katibin, kembali mengharumkan nama Indonesia setelah memecahkan rekor dunia di ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022.  

Katibin memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri pada kualifikasi nomor speed IFSC World Cup 2022 yang berlangsung di Chamonix, Perancis, Jumat (8/7/2022).  

Ia mencatatkan waktu 5,00 detik. Julukan sebagai manusia tercepat pun kian melekat pada diri Katibin. Sebab, ia memanjat dinding setinggi 15 meter hanya dalam waktu 5,00 detik. 

Dilansir dari situs resmi IFSC, Sabtu (9/7), Katibin pertama kali memecahkan rekor dunia nomor speed di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat dengan waktu 5,25 detik pada 28 Mei 2021.  

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asal Batang Catatkan Rekor Tercepat di Climbing World Cup

Kemudian selang 14 bulan, atlet berusia 21 tahun itu mencatat empat rekor di Seoul (5,17 detik), Salt Lake City (5,10 detik), dan 5,09 detik serta 5,04 detik di Villars, Swiss.  

Kiromal Katibin pun mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaiannya. Ia berambisi untuk semakin membuat panjat tebing Indonesia berbicara di kancah internasional.  

"Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras," kata Katibin dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Kompas.com


"Terima kasih atas semua doa dari masyarakat, semoga dengan ini panjat tebing Indonesia semakin jaya," ucap Kiromal Katibin menambahkan.  

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid yang turut menyaksikan aksi Katibin, merasa bangga dengan pencapaian sang atlet.

"Alhamdulillah hari ini di Chamonix, Perancis, atlet andalan kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia tercepat, rekor dunia atas namanya sendiri dengan catatan waktu 5,00 detik," ujar Yenny Wahid.

Baca Juga: Sambut Olimpiade Paris 2024, FPTI Rencanakan Gelaran Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x