Kompas TV nasional agama

Jokowi akan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal Minggu 10 Juli 2022, Eks Mendiknas Jadi Khatib

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 14:08 WIB
jokowi-akan-salat-iduladha-di-masjid-istiqlal-minggu-10-juli-2022-eks-mendiknas-jadi-khatib
Ilustrasi salat Id berjamaah di Masjid Istiqlal Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan ikut melaksanakan Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7/2022) besok. (Sumber: Istiqlal.or.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masjid Istiqlal besok 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau bertepatan dengan Minggu 10 Juli 2022 akan menyelenggarakan salat Iduladha tingkat kenegaraan.

Salat Iduladha 1443 tingkat kenegaraan ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan dan Pejabat Kementerian dan Lembaga Negara, serta Duta Besar negara-negara sahabat.

"(Presiden Jokowi shalat di) Istiqlal," kata seorang sumber Kompas.com di pemerntahan saat dihubungi, Sabtu (9/7/2022). 

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar, menyebutkan, pelaksanaan Salat Iduladha secara kenegaraan berdasarkan keputusan pemerintah lewat sidang Isbat yang memutuskan 10 Zulhijah jatuh pada besok hari Minggu.

Selain itu, Nasarudin juga menyebutkan, yang bertugas menjadi Khatib Masjid Istiqlal adalah Mendiknas Periode 2009-2014, yaitu Prof. Mohammad Nuh. 

"Mengikuti keputusan pemerintah melalui sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal melangsungkan shalat Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022," katanya dikutip dari situs resmi Istiqlal, Sabtu (9/7).

Baca Juga: Berapa Kilogram Daging Kurban yang Harus Dibagikan ke Masyarakat? Ini Penjelasan Ulama

Selain itu, Nasarudni juga menyebutkan, masyarakat juga bisa hadir untuk salat Iduladha di Masjid Istiqlal. 

"Masjid Istiqlal juga akan menyelenggarakan Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah, yang bisa dihadiri oleh masyarakat secara langsung di Lantai Utama Masjid Istiqlal, ataupun disaksikan secara daring melalui YouTube Channel Masjid Istiqlal TV," lanjut KH Nasaruddin Umar.


Salat Iduladha ini rencananya akan dimulai pukul 07.00 WIB yang dapat diikuti masyarakat Ibukota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Pelaksanaan salat Iduladha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," ungkap KH Nasaruddin Umar.

Daftar Imam, Khatib dan Bilal Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal Jakarta:

- Khatib: Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (Ketua BWI Pusat), dengan tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan”
-    Imam: Ustadz H. Salim Ghazali, S.Ud.
-    Imam Badal: Ustadz  H. Ahmad Husni Ismail, MA.
-    Bilal : Ustadz Ilham Mahmudin, S.Pd.
-    Bilal Badal: Ustadz H. Ahmad Achwani, S.Ag



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.