Kompas TV nasional peristiwa

Jawa Timur Diguncang 34 Kali Gempa hingga Siang Ini, Berikut Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 12:13 WIB
jawa-timur-diguncang-34-kali-gempa-hingga-siang-ini-berikut-penjelasan-bmkg
Ilustrasi gempa bumi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Jawa Timur hingga saat ini sudah diguncang 34 kali gempa. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Wilayah Jawa Timur bagian selatan telah diguncang 34 gempa pada Sabtu (9/7/2022), akumulasi hingga pukul 11.00 WIB.

Gempa pertama cukup besar terjadi pukul 03.27 WIB, bermagnitudo 5,2 skala Richter yang berpusat di 175 km barat daya Lumajang, kedalaman 47 km.

Adapun gempa berikutnya dirasakan warga pada pukul 09.53 WIB. Kali ini gempa susulan berkekuatan 5,0 skala Richter dengan pusat 165 km barat daya lumajang, berkedalaman 10 km.

"Hasil monitoring hingga pukul 11.00 WIB telah terjadi 34 kali aktivitas gempa susulan di selatan Jawa Timur," terang Daryono, Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG.

Daryono menjelaskan bahwa gempa pada pukul 09.53 WIB merupakan rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa utama (mainshocks) pukul 03.27 WIB.

Baca Juga: Gempa Terkini Sabtu Pagi 9 Juli 2022: Dua Gempa Bumi ‘Goyang’ Indonesia, Ada di Lumajang dan Manado

"Dua gempa yang mengguncang kuat selatan Jawa Timur pagi ini memiliki mekanisme pergeseran naik (thrusting) yang berasosiasi dengan sumber gempa megathrust," kata Daryono via Twitter.


Terlepas dari itu, gempa di Jawa Timur pagi ini telah menggegerkan warganet hingga menjadi trending topik di Twitter. Akan tetapi, berdasar informasi dilaman BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: 5 Fakta Sesar Baribis, Disebut BMKG Jadi Potensi Gempa di Selatan Jakarta

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x