Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong Otak Atik Posisi Asli Pemain Timnas U19: Harus Bisa Multiposisi, Itu Taktik Kami

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 10:15 WIB
shin-tae-yong-otak-atik-posisi-asli-pemain-timnas-u19-harus-bisa-multiposisi-itu-taktik-kami
Shin Tae Yong memenginginkan skuad Timnas U19 Indonesia bisa bermain multiposisi. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menginginkan anak asuhnya bisa bermain lebih dari satu posisi.

Hal itu ditegaskan selepas duel Piala AFF U19 2022 saat Indonesia vs Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam. Pada laga matchday keempat penyisihan grup itu, Indonesia menang besar 5-1.

"Saya ingin pemain bisa bermain di setiap posisi. Itu memang menjadi salah satu taktik kami," ujar Shin Tae-yong via Antara, Sabtu (9/7).

Ia mengatakan penting bagi penggawa Timnas U19 untuk terus bergerak di lapanganan dan saling bertukar posisi.

Sejauh ini, eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sudah mengubah posisi asli beberapa pemain, seperti Alfriyanto Nico dan Subhan Fajri.

Ketika membela Persija Jakarta, Nico berposisi sebagai penyerang sayap, sementara Subhan bermain sebagai sayap di Persiraja Banda Aceh.

Oleh STY, keduanya diplot sebagai bek sayap di Timnas U19.

Selain kedua pemain itu, ada pula Kakang Rudianto, bek tengah Persib Bandung yang kini posisinya disulap menjadi bek kanan.

Apa yang dilakukan oleh juru taktik asal Korea Selatan itu sejauh ini terbukti efektif di mana Nico membukukan 2 gol dan Kakang menyumbang 2 assist.

Baca Juga: Malaysia Masters 2022: Kalahkan Apriyani/Fadia, Pasangan Malaysia Ungkap Kunci Kemenangan

Terlepas dari itu, jelang pekan terakhir fase grup, Timnas Indonesia sudah melesakkan 12 gol dan hanya sekali kebobolan. Catatan tersebut terproduktif di antara kontestan Piala AFF U19 2022 lainnya.

Hanya saja, saat ini Indonesia masih menempati peringkat 3 di klasemen Grup A dengan 8 poin, hasil dari 2 kemenangan dan 2 seri.


Adapun papan atas dikuasai Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi 10 poin. Golden Star (julukan Vietnam) menempati puncak klasemen karena surplus 9 gol, lebih baik dibanding Thailand yang baru surplus 6 gol.

Pada pekan terakhir yang berlangsung Minggu (10/7) malam, Vietnam akan berhadapan dengan Thailand, sementara Indonesia melawan Myanmar.

Pertandingan penentuan menuju semifinal itu bakal dihelat serempak mulai pukul 20.00 WIB.

Indonesia dipastikan melenggang ke babak empat besar jika bisa mengalahkan Myanmar, tanpa peduli hasil Vietnam vs Thailand.

Baca Juga: Shin Tae-yong Puji Kerja Keras Timnas U19 Indonesia saat Kalahkan Filipina



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x