Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Banjir, Warga Landasan Ulin Banjarbaru Gotong-royong Bersihkan Drainase

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 09:25 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Puluhan warga dan tokoh masyarakat di kawasan Jalan Golf Landasan Ulin Banjarbaru mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan saluran drainase yang tersumbat, jumat pagi (8/7/2022).

Pembersihan drainase ini merupakan antipasi curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan banjir.

Baca Juga: Detik-Detik Damkar Banjarbaru Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Selain menggunakan alat berat eksavator, puluhan warga juga turut membersihkan drainase secara manual menggunakan alat yang dibawa dari rumah masing-masing.

“kita membawa satu alat exca untuk mengeruk daerah yang pasa saat hujan lebat tersumbat. Jadi ada drainase masih tanah belum beton,” ucap Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, yang turut hadir dalam gotong-royong.

Langkah ini dilakukan, menurut Ketua Relawan Landasan Ulin dan Liang Anggaran, Haryanto, usai melihat curah hujan tinggi pada senin lalu membuat saluran drainase di jalan golf landasan ulin ini tidak dapat menampung air dan membuat jalan dan rumah warga sempat tergenang air setinggi 30 sentimeter.

Baca Juga: Siring Sungai Kemuning Jebol Diterjang Arus Deras, Kuliner Kampung Pelangi Sempat Ditutup

“kami membersihkan gorong-gorong dan drainase yang buntu karena sebelumnya drainasenya lebar,” ucapnya. 

Warga berharap selain dilakukan pembersihan rutin, pemerintah dapat membuat drainase yang lebih lebar agar ketika curah hujan tinggi air mampu ditampung dan dialirkan dengan baik sehingga tidak menyebabkan genangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x