Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban di Yogyakarta, Segini Bobotnya

Jumat, 8 Juli 2022 | 23:12 WIB
jokowi-sumbang-dua-sapi-kurban-di-yogyakarta-segini-bobotnya
Sapi kurban jenis Brangus berwarna hitam bantuan dari Presiden Joko Widodo di Masjid Al-Fatah, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/7/2022). (Sumber: Humas Pemda DIY via Kompas.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV - Presiden Joko Widodo menyumbangkan dua ekor hewan kurban berupa sapi untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dengan berat total hampir 1,9 ton.

Dua sapi dari Jokowi tersebut didistribusikan Pemda DIY ke dua lokasi, yakni Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Masjid Al-Fatah, Randusari, Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Jumat (8/7/2022).

"Setiap tahunnya, Presiden selalu memberikan satu, kebetulan tahun ini dua, sementara provinsi lain tetap satu," ujar Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan, dan Politik Maladi.

Baca Juga: Hewan Kurban Sumbangan Presiden Jokowi Disalurkan, NTB dapat yang Terberat 1 Ton 400 Kg

Sapi kurban pemberian Presiden, kata dia, sudah dipastikan kesehatannya setelah melalui pengecekan oleh dinas terkait.

"Ini dipilih karena sehat," ujar Maladi seperti dikutip Antara.


Terkait penunjukan masjid yang akan menerima sapi dari Presiden, kata dia, Pemda DIY bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota yang ditunjuk secara bergiliran.

Baca Juga: Tips Olah Daging Kurban yang Aman saat Masih Ada Wabah PMK, Termasuk Tak Boleh Dicuci

Sapi kurban dari Presiden yang diberikan untuk Istana Kepresidenan merupakan jenis sapi Jawa berwarna putih seberat 850 kg.

Sementara, sapi yang diberikan ke Masjid Al-Fatah, Cangkringan, Sleman merupakan jenis sapi Brangus berwarna hitam seberat 1,07 ton atau 1.070 kg.

Menurut dia, sapi itu merupakan jenis khusus karena termasuk kategori sapi impor Australia seharga sekitar Rp120 juta.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Puan: Pengawasan di Tempat Penjualan Hewan Kurban Harus Diperketat

Selain mendistribusikan sapi dari Presiden Jokowi, Pemda DIY juga menyalurkan sebanyak tujuh ekor sapi pemberian Gubernur dan Wagub DIY untuk sejumlah lokasi di empat kabupaten/kota.

Seluruh sapi pemberian Gubernur dan Wakil Gubernur DIY itu akan disembelih pada Minggu (10/7).

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x