Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Masih Melambung, Kini Harga Bawang Merah Menyusul Mahal

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Setelah hampir dua bulan harga cabai rawit tinggi, kini giliran bawang merah yang menyusul mahal. Saat ini harga bawang merah tembus Rp 70 ribu per kilogram.

Di Pasar Besar Kota Malang, kenaikan harga bawang merah ini terjadi sejak beberapa hari terakhir. Bawang merah yang biasanya Rp 40 ribu per kilogram, dalam beberapa hari naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram.

Menurut pedagang kenaikan harga bawang merah ini sangat drastis dan mengejutkan. Suhema, salah satu pedagang mengaku kenaikan harga bawang merah ini disebabkan pasokan dari petani berkurang, karena mengalami gagal panen.

Selain itu, kenaikan harga bawang ini juga berpengaruh pada penjualan. Jika biasanya 1 kwintal bawang merah bisa habis dalam 2 hari, namun kini baru habis terjual dalam 3 hari. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan pembeli lebih memilih mengurangi pembelian.

"Naik banyak Rp 70 ribu per kilogram, biasanya Rp 40 sampai 45 ribu, cepat naiknya langsung naik banyak" ucap Suhema, Kamis (07/07/2022).

Selain bawang merah, beberapa kebutuhan pangan yang harganya masih tinggi yakni cabai rawit Rp100 ribu  per kilogram. Selain itu, tomat juga naik menjadi Rp 22 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 12 ribu per kilogram.

#bawangmerahmahal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x