Kompas TV regional peristiwa

60 Orang di Ponpes Shiddiqiyyah Ditangkap Polisi saat Cari Anak Kiai Jombang, Ternyata Bukan Santri

Kamis, 7 Juli 2022 | 16:20 WIB
60-orang-di-ponpes-shiddiqiyyah-ditangkap-polisi-saat-cari-anak-kiai-jombang-ternyata-bukan-santri
Aparat kepolisian mengepung Pondok Pesantren (Ponpes) Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/6/2022). Pengepungan dalam upaya jemput paksa DPO tersangka pencabulan santriwati di tempat itu, Kamis (7/62022). (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JOMBANG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Timur menangkap puluhan orang ketika melakukan upaya penjemputan paksa terhadap tersangka pencabulan berinisial MSA di Pondok Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Yang kami amankan sekitar 60 orang. Di dalam juga masih kami periksa, kami pilah, mudah-mudahan cepat," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto di Jombang, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Sekitar 1.000 Personel Polisi Diterjunkan dalam Jemput Paksa Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan

Dirmanto mengungkapkan, polisi sengaja melakukan penyisiran di area pesantren seluas 5 hektare tersebut untuk mencari tersangka pencabulan santriwati tersebut.

Dalam penyisiran tersebut, pihaknya mendapati puluhan orang yang berada di dalam ponpes. Mereka ternyata bukan santri di ponpes tersebut. Karenanya, mereka ditangkap petugas untuk dimintai keterangan.

"Kami jaga kondisi di dalam agar situasi aman sehingga orang dari luar pondok kami sisir. Kami periksa satu per satu. Kalau bukan orang pondok atau santri, kami bawa," ujarnya.


Dirmanto menambahkan, pihaknya masih mencari tersangka MSA (42), anak kiai pengasuh pondok pesantren terkenal di Jombang tersebut.

Baca Juga: Pakar Hukum Pidana: Anak Kiai Jombang, DPO Kasus Pencabulan Santriwati Terancam Pasal Berlapis

Dalam upaya penjemputan paksa, seluruh bangunan telah diperiksa petugas. Namun, hasilnya nihil.

"Pondok ini seluas 5 hektare, kemudian bangunan banyak. Kami hunting, periksa satu per satu bangunan di dalam. Sampai sekarang masih proses pencarian yang bersangkutan," ucapnya.

Tak Terluka

Lebih lanjut, Dirmanto memastikan, anggota yang dikerahkan dalam upaya pencarian tersangka MSA di ponpes tersebut tidak ada yang terluka.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x