Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK, Riwayat Hewan Kurban Tersimpan dalam Chip

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 13:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Untuk memastikan riwayat kambing bebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK, ribuan ekor domba harus melalui serangkaian pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan bobot hingga riwayat kesehatan domba. Selain itu, peternak dan yayasan kemanusiaan di Kulon Progo, Yogyakarta, menggandeng pihak ketiga dalam penerapan teknologi berbasis internet.

Nantinya, domba-domba yang akan diperiksa ini akan ditempelkan chip di telinganya dan diarahkan melewati alat pemindai, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Data yang dipindai ini bisa langsung diakses melalui aplikasi khusus di ponsel pintar maupun perangkat komputer.

Selain memenuhi syarat berkurban, domba yang menjadi hewan kurban ini juga dijamin bebas dari PMK, karena terisolasi dari hewan berkuku belah dari luar area peternakan.

"Terkait isu-isu PMK ini alhamdulillah kandang juga selalu kita pantau kesehatannya. Kita juga bekerjasama dengan dinas peternakan," ujar Muhammad Zahron, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Rencananya, hewan kurban ini akan disalurkan ke berbagai daerah yang dianggap tingkat konsumsi daging dan kesadaran berkurban masih rendah.

#pmk #hewankurban #chip



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.