Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK, Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban Secara Acak

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:22 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Dinas kesehatan pangan dan peternakan Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah stan pedagang. Kegiatan itu untuk mencegah penjualan hewan kurban yang terjangkit PMK.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan secara acak, pada Senin (4/7/2022). Salah satunya di bursa hewan kurban jalan Teuku Umar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Dokter Hewan, Henry Kurniawan menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan meliputi kondisi fisik, kebersihan kulit, mata, mulut dan gigi serta suhu tubuh.

Baca Juga: Tak Terpengaruh PMK, Penjualan Kambing dan Domba Meningkat

Meski tidak menemukan hewan kurban sakit PMK, namun puluhan ekor kambing diketahui belum cukup umur untuk dikurbankan.

Meski di tengah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK, harga jual kambing mengalami kenaikan, yakni tiga 3 rupiah dari 2,5 juta rupiah per ekor. Kenaikan harga terjadi karena banyak warga memIlih kambing untuk kurban.

 

#KesehatanHewan #DokterHewan #PemeriksaanKesehatanHewan #HewanKurban #HewanTernak #WabahPMK #PenyakitMulutKuku


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x