Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Hewan Kurban Sapi Menurun Drastis Jelang Idul Adha

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 10:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pedagang hewan kurban di Kabupaten Jember Jawa Timur terdampak virus penyakit mulut dan kuku. Pasalnya, penjualan menurun drastis dibanding tahun lalu, meski harga jual hewan kurban diturunkan. Banyak warga was was kurban sapi, karena takut hewan kurbannya tertular PMK.

Menjelang hari raya Idul Adha, stan bursa hewan kurban bermunculan di Kabupaten Jember. Namun sayang, penjualan hewan kurban menurun drastis terutama sapi. Padahal pedagang sudah menurunkan harga sapi hingga 5 juta rupiah per ekor.

Menurut pedagang sapi kurban, Hasan Basri, penurunan penjualan sapi mencapai 80 persen dibandingkan idul adha tahun tahun lalu.

Baca Juga: Terdampak PMK, Penjualan Sapi Anjlok Jelang Idul Adha

Berbeda dengan sapi, penjualan kambing dan domba justru meningkat. Bahkan harganya ikut naik menjadi 2 juta rupiah hingga 4,5 juta rupiah. Padahal di tahun sebelumnya hanya 1,7 juta hingga 3 juta rupiah per ekor.

Untuk mendongkrak penjualan, pedagang memberikan fasilitas antar gratis ke rumah pembeli di dalam kota. Pedagang juga menyediakan penitipan gratis hewan kurban di lapak pedagang.

 

#PedagangSapi #HewanKurban #PenyakitMulutKuku #Jember #WabahPMK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.