Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Hewan Kurban Sapi Menurun Drastis Jelang Idul Adha

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pedagang hewan kurban di Kabupaten Jember Jawa Timur terdampak virus penyakit mulut dan kuku. Pasalnya, penjualan menurun drastis dibanding tahun lalu, meski harga jual hewan kurban diturunkan. Banyak warga was was kurban sapi, karena takut hewan kurbannya tertular PMK.

Menjelang hari raya Idul Adha, stan bursa hewan kurban bermunculan di Kabupaten Jember. Namun sayang, penjualan hewan kurban menurun drastis terutama sapi. Padahal pedagang sudah menurunkan harga sapi hingga 5 juta rupiah per ekor.

Menurut pedagang sapi kurban, Hasan Basri, penurunan penjualan sapi mencapai 80 persen dibandingkan idul adha tahun tahun lalu.

Baca Juga: Terdampak PMK, Penjualan Sapi Anjlok Jelang Idul Adha

Berbeda dengan sapi, penjualan kambing dan domba justru meningkat. Bahkan harganya ikut naik menjadi 2 juta rupiah hingga 4,5 juta rupiah. Padahal di tahun sebelumnya hanya 1,7 juta hingga 3 juta rupiah per ekor.

Untuk mendongkrak penjualan, pedagang memberikan fasilitas antar gratis ke rumah pembeli di dalam kota. Pedagang juga menyediakan penitipan gratis hewan kurban di lapak pedagang.

 

#PedagangSapi #HewanKurban #PenyakitMulutKuku #Jember #WabahPMK


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x