Kompas TV internasional kompas dunia

Kelompok Ekstremis Jebol Penjara di Nigeria, 600 Napi Kabur, Pelakunya Diyakini Boko Haram

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 23:00 WIB
kelompok-ekstremis-jebol-penjara-di-nigeria-600-napi-kabur-pelakunya-diyakini-boko-haram
Tembok penjara berkeamanan maksimum Kuje di Abuja, Nigeria yang jebol akibat serangan kelompok ekstremis. Foto diambil pada Rabu (6/7/2022). Pemerintah meyakini Boko Haram menajdi dalang serangan ini. (Sumber: Chinedu Asadu/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

ABUJA, KOMPAS.TV - Setidaknya 600 narapidana kabur dari penjara di Abuja, Nigeria usai serangan kelompok bersenjata berhasil menjebol keamanan penjara. Pemerintah mengeklaim, kelompok ekstremis Boko Haram menjadi dalang serangan tersebut.

Menurut otoritas setempat, per Rabu (6/7/2022), lebih dari 300 napi yang kabur telah ditangkap atau menyerahkan diri ke kantor polisi.

Serangan yang diduga diluncurkan Boko Haram ini terjadi di penjara berkeamanan maksimum Kuje pada Selasa (5/7) malam waktu setempat.

Sekretaris Kementerian Dalam Negeri Nigeria, Shuaib Belgore menyebut kelompok bersenjata menyerang penjara “dengan bahan peledak berkekuatan tinggi”, hingga menewaskan seorang penjaga.

Setelah ledakan, milisi ekstremis kemudian menyerbu ke dalam penjara melalui lubang yang ditimbulkan bom. Serangan mereka diduga bertujuan membebaskan banyak anggota kelompok ekstremis yang ditahan di fasilitas tersebut.

“Kami tahu bahwa mereka adalah Boko Haram. Mereka datang untuk membebaskan rekan-rekan mereka,” kata Belgore dikutip Associated Press.


Baca Juga: 77 Orang Diselamatkan Usai Dikurung di Gereja Nigeria Selama Beberapa Bulan, Termasuk Anak-anak

Menteri Pertahanan Nigeria Mayjen Bashir Salihi Magashi menyebut penjara Kuje menahan hampir 1.000 narapidana, termasuk 64 tersangka dari Boko Haram. Seluruh anggota kelompok ekstremis itu berhasil kabur.

“Kami akan mencoba melakukan apa yang kami bisa untuk memastikan para napi yang kabur dibawa kembali,” kata Mayjen Magashi.

Bangkai kendaraan yang terbakar dalam serangan kelompok ekstremis ke penjara berkeamanan maksimu Kuje di Abuja, Nigeria, Selasa (5/7/2022) malam waktu setempat. Sekitar 600 narapidana kabur dalam serangan ini. (Sumber: Chinedu Asadu/Associated Press)

Selain napi kabur, serangan ini juga menyebabkan beberapa tahanan tewas di tempat. Otoritas Nigeria tidak merinci jumlah kematian dari insiden ini.

Pemberontak Nigeria dan kelompok bersenjata lain telah melancarkan sejumlah serangan ke penjara di wilayah timur laut negara itu beberapa tahun belakangan. Namun, serangan ke Kuje ini adalah serangan ke penjara pertama di Abuja dalam kurun beberapa tahun terkini.

Pada 2021, lebih dari 2.500 narapidana kabur dalam tiga serangan ke penjara. Sementara itu, sejak 2017, media Nigeria melaporkan bahwa setidaknya 4.307 tahanan Nigeria kabur dari penjara.

Baca Juga: Rival Pastikan Pemimpin Boko Haram Tewas Meledakkan Diri


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.