Kompas TV nasional agama

Simak, Ini Imbauan DMI soal Penggunaan Pengeras Suara saat Takbiran Iduladha 2022

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 21:54 WIB
simak-ini-imbauan-dmi-soal-penggunaan-pengeras-suara-saat-takbiran-iduladha-2022
Ilustrasi pengeras suara masjid atau TOA. Penggunaan toa di masjid dan musala saat takbiran Iduladha 2022 yang dikeluarkan Dewan Masjid Indonesia (DMI).  (Sumber: Daily Pakistan Global via Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggunaan pengeras suara masjid atau toa saat takbiran Iduladha 2022 menjadi perhatian Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) bernomor 129.D/III//SE/PP-DMI/VI/2022 tentang Edaran Iduladha 1443 H tertanggal 1 Juli 2022 yang diterbitkan oleh Pimpinan Pusat. 

“Penggunaan pengeras suara luar dalam menggemakan takbir oleh Masjid/Mushalla agar diatur yang secara teknis mengacu pada Surat Edaran PP DMI sebelumnya Nomor 048.D/III/SE/PP-DMI/III/2022 dan Edaran Pemerintah (SE Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2022),” demikian pernyataan DMI, dalam keterangan yang diterima KOMPAS.TV, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: DMI Minta Masyarakat Waspadai Wabah PMK Saat Iduladha 2022, Cek Penjelasannya

Dalam SE tersebut juga dijelaskan mengenai imbauan waspada terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kini tengah mewabah, penyembelihan hewan, dan pelaksanaan salat Ied.

Terkait dengan penggunaan pengeras suara, SE Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penggunaan Pengeras Suara di masjid dan musala menjelaskan secara rinci, termasuk soal kualitas dan kelayakan suara yang dipancarkan.


SE tersebut juga menjelaskan perihal pengeras suara dalam dan luar yang memiliki fungsi berbeda-beda, tergantung pada penggunaannya.

Yang menjadi perhatian, volume toa yang digunakan diatur sesuai kebutuhan, dengan volume paling besar yakni 100 dB (desibel).

Baca Juga: Simak! Ini 7 Seruan Dewan Masjid Indonesia untuk Umat Muslim saat Iduladha

Adapun, aturan penggunaan pengeras suara untuk takbiran di hari besar Islam, termasuk Iduladha adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan pengeras suara di bulan Ramadhan baik dalam pelaksanaan salat tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarus Al-Qur’an menggunakan pengeras suara dalam. 
  • Takbir pada tanggal 1 Syawal/10 Zulhijah di masjid/mushala dapat dilakukan dengan menggunakan pengeras suara luar sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat dan dapat dilanjutkan dengan pengeras suara dalam. 
  • Pelaksanaan Salat Idul Fitri dan Iduladha dapat dilakukan dengan menggunakan Pengeras Suara Luar 
  • Takbir Iduladha di hari Tasyrik pada tanggal 11 sampai dengan 13 Zulhijjah dapat dikumandangkan setelah pelaksanaan Salat Rawatib secara berturut-turut dengan menggunakan Pengeras Suara Dalam; dan 
  • Upacara peringatan hari besar Islam atau pengajian menggunakan pengeras suara dalam, kecuali apabila pengunjung tabligh melimpah ke luar area masjid/mushala dapat menggunakan pengeras suara luar.


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x