Kompas TV regional berita daerah

PT KOI Berdayakan Warga Untuk Budidaya Kelor

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 16:37 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - PT Kelor Organik Indonesia melakukan sosialisasi kepada penerintah Kota Palu terkait dengan budidaya kelor. Saat ini permintaan ekspor untuk kelor meningkat, namun ketersediaan kelor yang sedikit membuat PT KOI berusaha menggandeng pemerintah Kota Palu untuk bekerjasama dalam hal produksi kelor, tentunya dengan meberdayakan masyarakat agar bisa meningkatkan produksi.

Kelor salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan juga dapat diolah menjadi bahan makanan, kini menjadi salah satu target ekspor terbesar ke luar negeri. Namun saat ini, ketersediaan stock kelor masih kurang sehingga PT KOI mengajak pemerintah Kota Palu untuk bisa bekerjasama dalam hal peningkatan produksi kelor untuk ekspor.

Bentuk kerjasama yang ditawarkan yakni dengan memberdayakan masyarakat, nantinya masyarakat dapat menjual hasil kelor mereka ke PT KOI, tentunya sesuai standar kualitas kelor.

Saat ini PT KOI telah memberdayakan sejumlah warga di Desa Tinggede, tak tanggung tanggung pendapatan warga dari hasil berjualan kelor, kini meningkat hingga 20 juta rupiah perbulannya.

Untuk produksi PT KOI mendirikan kantor di daerah Kalora Palu, hal ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian bahwa kelor di Palu lebih memiliki kualitas yang baik dibanding daerah atau provinsi lainnya di Indonesia. 

Kedepannya, PT KOI akan mebgeluarkan sepuluh produk dari bahan dasar kelor untuk dipasarkan, saat ini PT KOI masih menunggu ijin edaran produksi dari Balai POM.

#BudidayaKelor #PTKOI #PemkotPalu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x