Kompas TV nasional agama

5 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Iduladha, Amalan Paling Dicintai Allah SWT

Kompas.tv - Diperbarui 6 Juli 2022, 13:16 WIB
5-keutamaan-berkurban-di-hari-raya-iduladha-amalan-paling-dicintai-allah-swt
Ilustrasi. Keutamaan berkurban di Hari Raya Iduladha (Sumber: Kompas.id/REGINA RUKMORINI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keutamaan orang yang berkurban di Hari Raya Iduladha sangat banyak. Oleh karena itu, apabila mampu, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Kementarian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Minggu (10/7/2022). Umat Islam yang ingin berkurban mulai bersiap mulai dari memperoleh hewan kurban hingga penyembelihan.

Sementara itu, PP Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Iduladha berbeda dengan Kemenag yakni pada Sabtu (9/7/2022).

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah pemeluk agama Islam, dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

Menurut Imam Malik dan Imam al-Syafi’i, hukum berkurban adalah sunah muakad atau sunah yang dikuatkan. Namun Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa hukum berkurban adalah wajib bagi yang mampu dan tidak dalam keadaan safar (bepergian).

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dua Hari Jelang Iduladha, Dilengkapi dengan Sejarah dan Asal-usul

Berikut keutamaan berkurban menurut Rasulullah sebagaimana dilansir dari NU Online, Rabu (6/7/2022).

1. Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT

Berkurban di Hari Raya Iduladha adalah salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Tarmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Aisyah menuturkan dari Rasulullah Shallallâhu Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda: Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya," (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)  

2. Mendapat Pahala Berbagi

Orang yang berkurban dan dilaksanakan dengan ikhlas semata-mata demi ridha Allah SWT juga akan diberikan pahala berlipat-lipat. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

Baca Juga: Cara Bungkus Daging Kurban untuk Cegah Penularan PMK Menurut Pakar



Sumber : NU Online

BERITA LAINNYA



Close Ads x