Kompas TV internasional kompas dunia

Menkes dan Menkeu Inggris Kompak Mundur dari Pemerintahan Boris Johnson, Ada Apa?

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 11:03 WIB
menkes-dan-menkeu-inggris-kompak-mundur-dari-pemerintahan-boris-johnson-ada-apa
Sajid Javid, Boris Johnson dan Rishi Sunak saat berkunjung ke rumah sakit. (Sumber: The Gurdian)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

LONDONG, KOMPAS.TV – Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid dan Menteri Keuangan Rishi Sunak mengundurkan diri pada Selasa (5/7/2022) sehingga membuat pemerintah Perdana Menteri Boris Johnson terperosok ke dalam krisis.

Dalam surat pengunduran dirinya, Javid menyatakan sudah hilang kepercayaan terhadap kemampuan PM Johnson menjalankan pemerintahan bagi kepentingan nasional setelah skandal-skandal bermunculan. Ia juga mengatakan banyak anggota parlemen dan masyarakat juga telah kehilangan kepercayaan pada Johnson.

"Dengan rasa menyesal saya katakan, bagaimanapun, jelas bagi saya bahwa keadaan ini tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Anda, dan karena itu kepercayaan saya pada Anda juga hilang," tulisnya dalam surat kepada PM Johnson.

Javid diketahui turut berperan dalam penanganan Covid-19, mulai dari program booster, investasi dalam perawatan, dan inovasi dalam memberikan perawatan kesehatan, hingga akhirnya orang-orang Inggris bisa menikmati kebebasan.

Baca Juga: Mengejutkan, Menlu Inggris Lawan Boris Johnson atas Pernyataan 'Jika Putin Perempuan'

Ia juga berperan membuat langkah penting dalam pemulihan dan reformasi NHS dan perawatan sosial orang dewasa serta mengembangkan pendekatan baru yang radikal untuk demensia, kanker dan kesehatan mental.

Menteri Keuangan Rishi Sunak pada Selasa juga menyatakan untuk mundur. Dalam suratnya, Rishi mengungkapkan bahwa Ia selalu berusaha untuk berkompromi demi mewujudkan hal-hal yang ingin PM Johnson capai. Bahkan, pada saat-saat di mana tidak setuju dengan keputusan PM Johnson secara pribadi, Rishi tetap berusaha mendukung secara terbuka.

Ia mengakui bahwa mundur sementara dunia menderita dampak ekonomi dari pandemi, perang di Ukraina dan tantangan serius lainnya adalah keputusan yang tidak enteng. Namun demikian, kata dia, sudah sepatutnya masyarakat mengharapkan pemerintahan berjalan dengan baik, kompeten dan serius.

 “Saya menyadari ini mungkin pekerjaan menteri terakhir saya, tetapi saya percaya standar ini layak diperjuangkan dan itulah sebabnya saya mengundurkan diri,” ujar Rishi.



Sumber : Kompas TV/the guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.