Kompas TV bisnis kebijakan

Minyak Goreng Curah Kemasan "Minyakita" Diluncurkan Hari Ini, Harganya Rp14.000L/Liter

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 06:18 WIB
minyak-goreng-curah-kemasan-minyakita-diluncurkan-hari-ini-harganya-rp14-000l-liter
Mendag Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng curah yanh dibungkus kemasan sederhana dengan merek MinyakKita di Gedung DPR (5/7/2022). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah akan meluncurkan minyak goreng curah yang dikemas dalam kemasan sederhana, pada hari ini, Rabu (6/7/2022). Minyak goreng itu akan diberi nama "Minyakita" dan dijual seharga Rp14.000 per liter.

Peluncuran akan dilakukan di kantor Kementerian Perdagangan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, "Minyakita" diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan stok serta mempermudah proses distribusi ke setiap daerah.

"Ini adalah terobosan kami sebagai salah satu upaya agar minyak goreng bisa terdistribusi dengan murah dan aman karena sudah sesuai dengan BPOM dan SNI," kata Zulhas  dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa (5/7).

Baca Juga: Cegah Penyelundupan Minyak Goreng Bersubsidi, Malaysia Audit Seluruh Produsen dan Tempat Pengemasan

Selain mempermudah distribusi, Zulhas menyampaikan minyak curah ini  juga lebih higienis. Penyaluran sampai ke tangan konsumen nantinya dilakukan oleh berbagai mitra Kemendag.

"Minyakita ini akan disalurkan melalui berbagai mitra Kementerian Perdagangan dengan harapan dapat tersalurkan dengan baik serta tetap dengan harga terjangkau Rp14.000," ucap Zulhas.

Menurutnya, harga minyak goreng curah rata-rata nasional sudah mendekati harga eceran tertinggi. Namun untuk wilayah Indonesia timur, harganya memang masih di atas Rp20.000 per kg.

Baca Juga: Mendag Zulhas: Harga Minyak Goreng Curah Hampir Merata Rp14 Ribu

Penyebabnya, distribusi minyak goreng curah ke wilayah timur Indonesia masih menggunakan tempat penyimpanan berukuran besar hingga seberat satu ton untuk setiap tangki. Keberadaan Minyakita akan mempermudah distribusi ke wilayah Papua, Maluku, dan Sulawesi sehingga harganya akan lebih murah.

"Dengan diluncurkannya 'Minyakita', saya harap dua pekan ke depan harga minyak goreng sudah di bawah Rp14.000 untuk seluruh Indonesia," ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x