Kompas TV regional berita daerah

EduXtion Kobarkan Semangat Pendidikan di Papua Barat

Rabu, 6 Juli 2022 | 03:05 WIB
eduxtion-kobarkan-semangat-pendidikan-di-papua-barat
Rangkaian acara EduXtion: Perpustakaan Keliling di Manokwari, Papua Barat berlangsung pada 27-29 Juni 2022. (Sumber: Tribunnews)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

PAPUA BARAT, KOMPAS.TV - Selama tiga hari, perpustakaan keliling EduXtion berkeliling Papua Barat dan bertemu dengan anak-anak yang memiliki semangat belajar dan penasaran dengan hal-hal di sekitar mereka.

Rangkaian acara EduXtion: Perpustakaan Keliling di Manokwari, Papua Barat berlangsung pada 27-29 Juni 2022. Mobil EduXtion telah melancong ke tiga tempat dan memperoleh antusiasme yang baik dari warga maupun anak-anak di sekitar.

Sebelumnya, pre-activity digelar di Gereja St. Aquinas pada hari Minggu (26/6/2022). Masyarakat Manokwari yang mayoritas beragama Kristen menghabiskan hari Minggu pagi di gereja sehingga mobil EduXtion diperkenalkan lebih dulu kepada warga di sana.

Hari pertama EduXtion, Senin (27/6/2022), resmi digelar di Pantai Pasir Putih. Sesi belajar hari itu membahas tentang pelajaran biota laut.

Baca Juga: Siswa SD Menderita Lumpuh Otak, Tetap Semangat Belajar

Kehadiran mobil EduXtion mendapat sambutan baik dari warga dan anak-anak. Beberapa mengaku penasaran dengan kehadiran mobil EduXtion dan ingin belajar bersama.

Tak sedikit anak-anak yang menghabiskan waktu berenang di pantai, lalu melanjutkan aktivitas dengan mengunjungi mobil EduXtion untuk sekadar membaca buku, mengetik di laptop atau belajar bersama teman-teman lainnya.  

Sementara itu, pada hari kedua di Pujasera, Manokwari, mobil EduXtion kedatangan tamu, yakni komunitas lokal Rumah Baca Tu Tebej Papua yang membawa misi pendidikan literasi kepada anak-anak.

Sesi belajar bersama komunitas lokal ini diisi dengan pembelajaran storytelling di mana anak-anak mendengarkan cerita dan mengambil nilai pelajaran dari cerita tersebut. Tidak lupa ada sesi gim dan kuis yang membuat anak-anak semakin semangat mengikuti sesi belajar bersama.


Baca Juga: Digelar di Manokwari Papua Barat, Women20 Angkat Isu Hak Perempuan dan Disabilitas

Lapangan Borasi, Manokwari menjadi lokasi ketiga EduXtion: Perpustakaan Keliling. Antusiasme anak-anak untuk mampir ke mobil EduXtion sangat baik, banyak di antara mereka yang belajar mengetik di laptop dan mengaku senang dengan adanya acara ini.

“Cerita hari ini aku rasa bahagia bersama dan belajar bersama-sama dengan teman-teman kita sambil menggambar,” bunyi tulisan yang terpampang di layar laptop, hasil ketikan dari salah satu anak yang mampir ke EduXtion.

Masih ditemani komunitas Rumah Baca Papua untuk sesi belajar bersama, ada juga komunitas seni 3 Jalur yang mempertontonkan aksi modern dance, bermain skateboard dan rap. Komunitas ini memiliki misi untuk melestarikan seni agar tetap eksis dengan berbagi tips dan trik seputar menari hip hop.

EduXtion: Perpustakaan Keliling berkomitmen membawa misi pendidikan untuk anak Indonesia dari Aceh hingga Papua bersama dengan Tribun Papua Barat yang resmi lahir di daratan Manokwari.

Tribunnews senantiasa mengemban misi literasi untuk Indonesia serta menjangkau Indonesia dengan mengabarkan cerita-cerita lokal langsung dari sumbernya.

 


Sumber : Kompas TV/Tribunnews

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x