Kompas TV nasional sosial

Ada Melanesia, Ini Macam-macam Ras di Indonesia

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 04:45 WIB
ada-melanesia-ini-macam-macam-ras-di-indonesia
Ras Melanesia adalah ras yang mendominasi Papua dan Papua Nugini. (Sumber: Pixabay/ianknabel66)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penduduk Kepulauan Indonesia terdiri atas beberapa jenis ras manusia yang berbeda.

Keberagaman ras di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kehadiran bangsa asing ke wilayah Nusantara sejak zaman dulu.

Salah satunya adalah ras melanesia. Secara harfiah, melanesia berasal dari bahasa Yunani “melano” yang berarti hitam dan “soid” yang berarti penampilan.

Sedangkan secara istilah, ras melanesia adalah sekelompok atau golongan orang yang berpenampilan hitam. Ras ini banyak tersebar di lautan Pasifik, tepatnya di pulau-pulau sebelah timur Irian dan Benua Australia.

Baca Juga: Mengenal Istilah Melanesia dari Sejarah Hingga Organisasi Sub-regionalnya

Pengelompokan ras

Secara umum, ras manusia dapat dikelompokkan menjadi lima macam yaitu:

  1. Negroid, yang berkulit hitam dan rambut keriting.

  2. Mongoloid, yang berkulit kuning langsat, rambut kaku dan bermata sipit.

  3. Kaukasoid, berkulit putih, mata biru dan rambut pirang.

  4. Australoid, yang berkulit hitam (sawo matang).

  5. Khoisan (Afrika Selatan).

Lantas, ras apa saja yang ada di Indonesia? Dilansir dari Kompas.com, berikut ini empat jenis ras yang ada di Indonesia dan persebarannya.


Macam-macam ras di Indonesia

1. Ras Malayan-Mongoloid

Ras ini hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Yakni ada di Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan dan Sulawesi.

Ras ini terbagi menjadi dua, yakni Proto Melayu (Suku Batak, Toraja, dan Dayak) dan Deutro Melayu (Suku Bugis, Madura, Jawa, dan Bali).

Ciri fisik ras Malayan-Mongoloid adalah kulitnya kuning sampai sawo matang, wajahnya bulat, dan matanya besar.

2. Ras Melanesoid atau Melanesia

Ras Melanesia memiliki ciri khas hampir sama dengan ras Negroid, yakni kulit cenderung coklat hingga hitam, berambut keriting, bentuk bibirnya tebal, dan tubuhnya tinggi. Di Indonesia, ras ini ada di Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

3. Ras Asiatic-Mongoloid

Ras ini adalah orang-orang Tionghoa, Jepang dan Korea yang tersebar di seluruh Indonesia. Ciri utama ras ini adalah memiliki bentuk wajah oval, kulit kuning langsat, dan matanya sipit. Ras Asiatic-Mongoloid ada di Indonesia karena pengaruh dari bangsa Tiongkok yang menetap di Nusantara.

4. Ras Kaukasoid-Indic

Kelompok ini tersebar di daerah Sumatera Utara, seperti Sibolga, Binjai, Medan, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, dan Tanjung Balai.

Untuk persebaran ras ini juga cukup luas di Indonesia, karena keturunan orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa dan Amerika. Mereka memiliki ciri fisik berbadan tinggi, kulit putih hingga kuning langsat, dan hidung yang mancung.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x