Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Rusia ke Vietnam sebelum Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Indonesia, Ada Apa?

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 19:24 WIB
menlu-rusia-ke-vietnam-sebelum-hadiri-pertemuan-menlu-g20-di-indonesia-ada-apa
Sergei Lavrov akan terbang ke Hanoi hari Selasa (5/7/2022) untuk kunjungan dua hari ke Vietnam sebelum menuju pertemuan Menlu anggota G20 akhir pekan ini di Indonesia, kata Pemerintah Vietnam. (Sumber: Russian Embassy - South Africa)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

HANOI, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov terbang ke Hanoi pada Selasa (5/7/2022) untuk kunjungan dua hari ke Vietnam sebelum menuju pertemuan Menlu anggota G20 akhir pekan ini di Indonesia.

Hal ini dikatakan Pemerintah Vietnam, seperti laporan Straits Times.

Kunjungan Lavrov ke Vietnam atas undangan Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son, dilakukan saat kedua negara menandai peringatan 10 tahun "kemitraan strategis komprehensif" mereka, kata pemerintah Vietnam dalam sebuah pernyataan.

Rusia adalah pemasok senjata terbesar Vietnam, dan perusahaan-perusahaannya terlibat dalam beberapa proyek energi besar di negara itu.

Kedua negara memiliki hubungan dekat sejak era Soviet, dan Vietnam sejauh ini tidak mengecam serangan Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai 'operasi khusus'.

Pada bulan April, Vietnam memilih menentang resolusi untuk menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas perang.

Perdagangan antara Vietnam dan Rusia naik 25 persen tahun lalu menjadi US$7,1 miliar, kata pernyataan itu.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergei Lavrov Dipastikan Hadir di Pertemuan Menlu G20 di Bali Pekan Depan

Sergei Lavrov akan terbang ke Hanoi hari Selasa (5/7/2022) untuk kunjungan dua hari ke Vietnam sebelum menuju pertemuan Menlu anggota G20 akhir pekan ini di Indonesia, kata Pemerintah Vietnam. (Sumber: G20 Indonesia)

Lavrov akan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri dari Kelompok 20 ekonomi terbesar (G-20) yang diadakan di Pulau Bali, Indonesia, akhir pekan ini.

Hal ini diungkapkan pejabat kedutaan besar Rusia di Indonesia, Selasa (28/6/2022) seperti laporan Antara.

Juru bicara kedubes Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin memastikan, Menlu Sergei Lavrov akan mengikuti pertemuan tingkat menteri luar negeri G20 itu, yang akan berlangsung pada 7-8 Juli di Bali.

Partisipasi Rusia pada acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan.

Di antara ketegangan yang mengemuka adalah ketika para pejabat Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Kanada melakukan aksi walkout ketika pertemuan ekonomi G20 berlangsung pada April lalu.

Indonesia, sebagai ketua G20, selama ini berupaya untuk mempersatukan anggota G20 dan mengundang pemimpin Rusia maupun Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November.


 



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.