Kompas TV regional peristiwa

Menteri BUMN Erick Thohir: Mahasiswa Jangan Hanya Sibuk Pergerakan

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 16:46 WIB
menteri-bumn-erick-thohir-mahasiswa-jangan-hanya-sibuk-pergerakan
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: Antara)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak mahasiswa untuk tidak hanya sibuk dalam pergerakan, tetapi harus mampu mengisi peluang-peluang yang ada untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Erick Thohir menyampaikan hal tersebut karena Indonesia akan menjadi negara yang sangat besar dan maju.

Terutama pada 2045 nanti, di mana pertumbuhan ekonomi berada di angka 5 persen.

Baca Juga: Densus 88 Dalami Temuan PPATK soal Transaksi Keuangan ACT yang Diduga Mengalir ke Teroris

"Kita punya kesempatan yang luar biasa, menjadi negara yang sangat besar dan maju. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai tahun 2045 itu (diperkirakan) 5 persen rata-ratanya," kata Erick Thohir di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Adapun Erick Thohir menyampaikan hal itu saat Kuliah Umum Tokoh Nasional Menteri BUMN "Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Generasi Digital yang Tangguh di Era Disrupsi" yang digelar di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Menurut Erick, dengan pertumbuhan ekonomi yang berada pada rata-rata 5 persen itu, Indonesia akan menjadi negara terbesar keempat secara ekonomi di dunia.

"Ini sesuatu hal yang tidak terulang lagi dan kalian adalah ujung tombak bagaimana kita bisa memastikan negara ini seperti yang kita impikan," ujarnya.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Erick Thohir hingga Budiman Sudjatmiko Ungkapkan Belasungkawa


Lebih lanjut, Erick Thohir mengulas tentang bagaimana perjalanan bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan hingga sekarang ini.

Ia mengatakan pada 1928, pemuda-pemudi Indonesia bicara tentang Indonesia Satu, yakni satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa atau yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Selanjutnya, pada 1998 para mahasiswa juga menjadi ujung tombak perubahan dinamika politik bangsa, sehingga Indonesia benar-benar menjadi negara demokrasi seperti saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x