Kompas TV nasional politik

Ganjar Pranowo Buka Suara, Jawab Isu Dipilih Jadi Menpan-RB

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 15:22 WIB
ganjar-pranowo-buka-suara-jawab-isu-dipilih-jadi-menpan-rb
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dalam rangkaian kegiatan Bulan Pancasila, Rabu (1/6/2022). (Sumber: Dok. Pemprov Jateng)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buka suara terkait isu dirinya dipilih menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Seperti dilaporkan TribunJateng, Senin (4/7/2022), Ganjar hanya berkomentar singkat dan tak ingin menanggapi isu tersebut. Ia menjawab ingin fokus melakukan tugasnya sebagai gubernur.

"Saya bereskan tugas di Jateng," tuturnya dikutip dari TribunJateng, Selasa (5/7/2022).

Diberitakan sebelumnya, pengamat politik memandang salah satu tokoh yang berpotensi bakal menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB adalah Ganjar Pranowo yang juga kader PDI Perjuangan (PDIP).


Baca Juga: Ganjar atau Ahok yang Berpeluang Jabat sebagai Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo? Ini Analisisnya

Pengamat sosial politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa, menilai pengganti Menpan-RB nantinya berasal dari kader PDIP.

Selain Ganjar, yang juga berpotensi ditunjuk sebagai Menpan-RB adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Mensos Tri Rismaharini, dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ketika menjelaskan alasan kenapa Ganjar yang berkemungkinan dipilih sebagai pengganti Tjahjo Kumolo, Herry mengatakan, pengalaman Ganjar tidak jauh berbeda dengan Ahok dan berkapasitas sebagai Menpan-RB.

“Karena selama ini kan stigma di dalam ini kan seolah-olah Ganjar dipinggirkan, seolah-olah Ganjar disepelekan,” kata Herry.

“Jadi saya kira ini menjadi win-win solution juga di samping faktor pengalaman, tapi secara psikologis politik tentunya pilihan yang rasional juga bisa jatuh pada seorang Ganjar," ujarnya.

Baca Juga: Kader PDIP Basarah, Ganjar hingga Risma Berpeluang Gantikan Tjahjo sebagai Menpan-RB, Ini Alasannya

Selain menjadi kepala daerah, Ganjar juga pernah menjadi anggota legislatif, yakni anggota Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan.



Sumber : Tribun Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.