Kompas TV regional kesehatan

Jelang Iduladha, 5 Pasar Hewan di Boyolali Tetap Ditutup hingga Pemberitahuan Lanjutan

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 16:08 WIB
jelang-iduladha-5-pasar-hewan-di-boyolali-tetap-ditutup-hingga-pemberitahuan-lanjutan
Pasar Hewan. Menjelang Hari Raya Iduladha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memperpanjang penutupan lima pasar hewan di daerah itu hingga waktu yang belum ditentukan. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

BOYOLALI, KOMPAS.TV – Menjelang Hari Raya Iduladha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memperpanjang penutupan lima pasar hewan di daerah itu hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan lima pasar hewan di Boyolali seharusnya berakhir pada 4 Juli 2022, namun pemerintah setempat kembali menutupnya.

Mengutip keterangan tertulis Pemprov Jateng, Selasa (5/7/2022), penutupan ini berdasarkan pada Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah PMK (Foot and Mouth Disease).

Di dalam Kepmen tersebut, Provinsi Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Boyolali pada khususnya masuk ke dalam daerah yang terkena wabah PMK.

Sehingga, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali mengambil kebijakan untuk kembali menutup kelima pasar hewan di daerah itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Pasar Hewan di Boyolali Belum Dibuka, Masih Tunggu Hasil Evaluasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

“Ada pelarangan pasar hewan dibuka kecuali telah memenuhi persyaratan teknis. Sehingga tadi arahan Bapak Bupati pasar ditutup kembali sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati, Senin (4/7/2022).

Kelima pasar hewan di Kabupaten Boyolali tersebut adalah Pasar Hewan Jelok di Kecamatan Cepogo, Pasar Hewan Karanggede, Pasar Hewan Purworejo di Kecamatan Nogosari, Pasar Hewan Simo dan Pasar Hewan Ampel.

Mengenai penanganan sapi jelang Hari Raya Iduladha, Lusia menyebut pihaknya telah menerbitkan Sertifikat Veteriner atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang tersebar di 10 titik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x