Kompas TV nasional peristiwa

Mendag Luncurkan Minyak Goreng Kemasan Minyakita Besok, Berapa Harganya?

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 12:41 WIB
mendag-luncurkan-minyak-goreng-kemasan-minyakita-besok-berapa-harganya
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam konferensi pers setelah pelantikannya sebagai menteri perdagangan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Kementerian Perdagangan akan melaunching minyak goreng kemasan merek Minyakita, Rabu (6/7/2022).

Hal ini dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan distribusi minyak goreng domestic market obligation agar sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

“Minyak Rp14 ribu kita akan kemas dengan kemasan sederhana. Mungkin lebih murah, lebih mudah, sehingga nanti tempat yang jauh seperti Sulawesi, Papua, Maluku bisa lebih murah dari yang sekarang rata rata Rp20.000,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya kepada Jurnalis KOMPAS TV Masni Rahmawatti saat meninjau pasar tradisional di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022).

“Besok temen temen, kita akan launching minyak kemasan (Minyakita). Besok.”

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan soal Harga Cabai Meroket: Saya Kira Ndak Apa-apalah Ya

Zulkifli menuturkan, minyak goreng kemasan rakyat harus menggunakan merek Minyakita dan mencantumkan HET sebesar Rp14.000 per liter.


 

Menurutnya, program yang minyak goreng kemasan rakyat dengan menggunakan merek Minyakita menjadi salah satu solusi terhadap biaya pengemasan yang harus dikeluarkan oleh pedagang kepada konsumen.

“Sebagaimana yang banyak sebagaimana yang saya temui di Sulawesi Tengah saat kunjungan kerja Minggu lalu,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Zulkifli Hasan, ada sebanyak 28 perusahaan telah mendapatkan persetujuan penggunaan merek Minyakita dari Kementerian Perdagangan dan akan terus bertambah.

Baca Juga: Sosialisasi Pembelian Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi Diperpanjang 3 Bulan, Ini Alasannya

“Mengingat animo perusahaan terhadap pelaksanaan program ini yang baik,” ucapnya.

Zulkifli Hasan menuturkan Kemendag optimistis bahwa Minyakita akan meningkatkan jangkauan program MGCR dan memperkuat mitra pengecer PUJLE di seluruh Indonesia.

“Dapat satu bulan ini diharapkan program sudah menjangkau terutama wilayah Indonesia Timur sehingga HET minyak goreng di seluruh Indonesai dapat segera tercapai,” katanya.

“Bagi perusahaan yang partisipasi dalam program Minyakita, kemendag akan memberikan insentif.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x