Kompas TV nasional peristiwa

Jelang Haji Akbar, Wapres Ma ruf Amin Bertolak ke Tanah Suci untuk Haji atas Undangan Kerajaan Saudi

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 23:19 WIB
jelang-haji-akbar-wapres-ma-ruf-amin-bertolak-ke-tanah-suci-untuk-haji-atas-undangan-kerajaan-saudi
Wakil Presiden RI Maruf Amin saat akan bertolak ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, Selasa (5/7/2022). (Sumber: BPMI Setwapres)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Arab Saudi, Selasa (5/7/2022) untuk melaksanakan ibadah haji pada musim Haji Tahun 2022.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyampaikan, pelaksanaan ibadah haji yang juga bertepatan dengan haji akbar, jatuh pada puncak haji Jumat besok waktu Arab Saudi. 

Masduki menegaskan, keberangkatan Wapres Ma'ruf merupakan undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

“Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi,” ujar Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

“Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi ibadah haji," sambungnya.

Masduki mengatakan, undangan ibadah haji dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud kepada Wapres disampaikan melalui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi.

“Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu, di mana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” paparnya.


Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Ikut Shalat Jenazah Tjahjo Kumolo di Masjid Kemenpan RB

Masduki mengatakan, saat itu Duta Besar Esam juga melaporkan tentang kesiapan Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. 

Sebab, sebagaimana diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya, haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemi Covid-19.

"Karena sudah aman, maka kemudian Wapres diundang oleh Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji ini. Insyaallah dalam seminggu Wapres akan mengikuti prosesi ibadah haji,” jelasnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x