Kompas TV nasional peristiwa

Mengapa Lembaga Sedekah ACT Dikaitkan dengan Terorisme?

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 08:55 WIB
mengapa-lembaga-sedekah-act-dikaitkan-dengan-terorisme
Aksi Solidaritas Peduli Suriah yang berlangsung pada 8 Mei 2016. (Sumber: Twitter Belajar Politrik)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan dugaan penyelewengan dana lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk transaksi berkaitan aktivitas terlarang pada Densus 88 dan Badan Nasional penanggulangan Terorisme (BNPT).

Hal itu dikonfirmasi Kepala PPATK Ivan Yustinavandana.

"Kami sudah proses sejak lama dan sudah ada hasil analisis yang kami sampaikan kepada aparat penegak hukum," kata Ivan pada Kompas.com pada Senin (4/6/2022).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, dugaan kasus tersebut masuk dalam proses penyelidikan yang ditangani langsung oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

"Info dari Bareskrim masih proses penyelidikan dulu," katanya.

Terlepas dari itu, Dina Sulaeman, pengamat Timur Tengah dan analis geopolitik membagikan analisanya terkait dugaan penyaluran donasi ACT pada pemberontak di Suriah.


 

"Sejak awal konflik Suriah, ACT sudah aktif menggalang donasi. Masalahnya, mereka menebar narasi yang sejalan dengan para 'mujahidin' alias Al Qaida, ISIS, dll, yaitu rezim jahat Assad (Presiden Suriah-red) membantai rakyatnya sendiri. Dalam penggalangan donasi, mereka pakai bendera pemberontak," kata Dina via Twitter.

Diketahui bendera resmi Suriah berwarna merah putih hitam dengan dua bintang pada warna putih. Adapun bendera yang digunakan dalam galang dana ACT adalah hijau putih hitam dengan tiga bintang pada warna putih, bendera yang digunakan pemberontak di negara itu.

"Penjelasan Duta Besar Indonesia untuk Suriah sudah sangat jelas, konflik di Suriah itu pemerintah yang sah vs Al Qaeda dan afiliasinya. Kalau ACT pro pemberontak, artinya, berlawanan dengan Kebijakan Luar Negeri RI," kata Dina.

Baca Juga: ACT Tegaskan Laporan Keuangannya Lolos Pemeriksaan Audit, Tempo Sebut Ada Rekayasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.