Kompas TV regional berita daerah

Warga Bugen Lihai Olah Jajanan Tradisional

Selasa, 5 Juli 2022 | 02:06 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Salah satu warga Bugen utara RW 3 banget ayu yang membuat olahan jajanan tradisional adalah Siti Rikanah. Setiap harinya Siti dibantu warga sekitar membuat jajanan pasar seperti putu mayang, lupis, lemper,ketela sawut dan jajanan lainnya.

 

Untuk membuat jajanan ini perlu perjuangan keras, salah satunya jajanan putu mayang. Siti harus sle beras terlebih dahulu dan dalam keadaan masih hangat basah ia harus segera mengepal - ngepal tepung beras tersebut untuk di kukus. Untuk membuat putu mayang seperti mengejar waktu, karena jika tepung yang dislep sudah terlanjur kering sulit untuk dibentuk kepalan.

 

Setelah dikukus kemudian proses selanjutnya diberi pewarna sesuai selera. Biasanya putu mayang sering kali berwarna hijau atau merah. Langkah selanjutnya di cetak seperti bentuk mie. Tidak berhenti sampai disitu. Adonan berbentuk mie itu kemudian dikukus kembali.

 

Ada 50 warga Bugen utara RW 3 ini yang mahir membuat jajanan tradisional termasuk membuat putu yang prosesnya sedikit rumit.

 

Biasanya warga membuat jajanan pasar pada malam atau pagi dini hari hingga esok paginya bisa dijual, baik di pasar atau lapak khusus penjualan jajanan.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x