Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Perdana Sapi, Antisipasi PMK

Selasa, 5 Juli 2022 | 00:30 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) didampingi Polisi dan TNI mendatangi satu persatu kandang sapi milik warga di Desa Sijambe, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Mereka memberikan vaksinasi untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku. 

 

Sebuah kandang milik salah seorang warga kedapatan mempunyai sapi yang sakit PMK, sehingga gagal untuk dilakukan vaksinasi. Petugas hanya memberikan suntikan vaksinasi kepada hewan yang sehat saja.

 

Kabupaten Pekalongan membagi empat tim di hari pertama pemberian vaksin untuk sapi. Selain sapi dewasa pemberian vaksinasi juga disuntikkan kepada anak sapi.

 

Membantu pengawasan PMK, Kodim 0710 Pekalongan juga mengerahkan anggotanya untuk memantau kondisi sapi milik para peternak. Tujuannya agar penyebaran virus PMK dapat dicegah sebelum menularkan kepada yang lain.,

 

Tahap pertama Kabupaten Pekalongan menerima 2000 dosis vaksin untuk PMK. Diharapkan peternak juga membuat ramuan herbal untuk sapi agar menambah imunitas.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Ayo Sehat

Dunia Darurat Cacar Monyet - AYO SEHAT

Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:32 WIB
Close Ads x