Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Brunei Piala AFF U19: Mengapa 20 Menit Pertama Begitu Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 00:05 WIB
indonesia-vs-brunei-piala-aff-u19-mengapa-20-menit-pertama-begitu-penting
Pemain Timnas Indonesia U19 merayakan kemenangan 7-0 atas Brunei Darussalam di ajang Piala AFF U19, Senin (4/7/2022). (Sumber: Twitter PSSI)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia baru saja menghajar Brunei Darussalam 7-0 dalam Piala AFF U19 pada Senin (4/7/2022) di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi.

Periode 20 menit pertama jadi momentum kunci kemenangan anak asuh Shin Tae Yong, ketika 5 dari 7 gol keseluruhan dalam laga ini dilesakkan oleh Garuda Muda.

Dalam kesempatan itu, Hokky Caraka mencetak hattrick pada menit 2', 15' dan 19', sementara Ronaldo Kwateh ikut berpartisipasi pada menit 12'.

Bagaimana Indonesia memanfaatkan 20 menit pertama?

Dari total 5 gol yang tercipta pada 20 menit pertama dalam laga Indonesia vs Brunei Darussalam, 3 gol di antaranya tercipta melalui skema yang nyaris sama. 

Anak asuh Shin Tae Yong memainkan umpan terobosan baik lambung maupun datar ke sisi kiri area pertahanan Brunei, di mana Kakang Rudianto sukses mengeksplorasi pos tersebut memanfaatkan keunggulan sprint.

Dari situ, Kakang memberikan umpan cut back ke area tengah kotak penalti lawan yang disambut oleh koleganya, hingga tercipta gol.

Adapun dua gol lainnya dalam periode itu dihasilkan dari kerja sama satu dua di sisi kanan pertahanan Brunei, serta satu umpan sepak pojok yang sukses dikonversi lewat sundulan.

Terlepas dari itu, momen 20 menit pertama, ketika rerata Indonesia melesakkan satu gol tiap empat menit, terjadi saat Brunei belum dalam konsentrasi penuh.

Anak asuh Faizalani Abdul Ghani memulai laga dengan garis pertahanan tinggi serta bermain terbuka dan berinisiatif menyerang, hal yang tidak dilakukan ketika melawan Myanmar.

Ketika dihajar Myanmar 7-0, Brunei justru baru kebobolan memasuki menit ke 29'. Pun, dalam kesempatan itu, lesakan gol Myanmar cukup merata dengan 3 gol pada babak pertama dan 4 gol di babak kedua.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x